Jenis Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Sangat Dianjurkan

Jenis- Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Sangat Dianjurkan - Asupan gizi saat hamil adahal hal yang wajib di perhatikan oleh ibu hamil, sebab jika tidak, dapat mempengaruhi keduanya, baik ibu maupun janin yang sedang dikandungnya.

Jenis makanan yang wajib di konsumsi ibu hamil harusnya juga di perhatikan, makanan yang baik dan bergizi untuk ibu hamil dan janinnya adalah makanan yang kaya akan gizi yang seimbang, supaya dapat kebutuhan tubuh saat hamil dapat terpenuhi.

Dalam hal ini ibu hamil tersebut harus pintar-pintar memilih makanan yang mengandung banyak gizi dan aman untuk janinnya, baik dari kualitas maupun dari kuantitasnya. Jika bingung saya akan mencoba merangkum makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil dan janinnya? 


contoh makanan yang bergizi untuk ibu hamil dan janinnya

caracantiksehat.com - Sekedar diketahui dan sebelum anda mengetahui jenis makanan yang baik untuk ibu hamil, sabaiknya anda terlebih dahulu tau tentang berapa kalori sich yang di butuhkan tubuh untuk ibu hamil?

Kebutuhan gizi pada masa kehamilan yang baik yaitu sebesar 2.000 kalori setiap harianya, itu berlaku untuk kehamilan 1-6 bulan (trimester pertama dan trimester kedua), sedangkan untuk masa kehamilan 6-9 (trimester ketiga) jumlah gizi yang di butuhkan akan meningkat sebesar 10% yaitu 2.200 kalori.

Oleh karenanya asupan gizi sangat berperan penting untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya,jika anda bingung memilih makanan bergizi dan baik untuk ibu hamil berikut ini saya akan memberikan sedikit info tentang makanan-makanan tersebut.


Jenis Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Sangat Dianjurkan

#Bayam
Salah satu gizi dan nutrisi yang diperlukan pada saat masa kehamilan adalah asam folat, asam folat ini mengurangi resiko bayi terlahir cacat tabung saraf, dan sayuran yang kaya akan asam folat ialah bayam.

Bayam, tindak hanya kaya akan asam folat tetapi terdapat juga vitamin lain seperti Vitamin K,Vitamin A, Vitamin C, dan zat besi, semua vitamin tersebut sangat baik di konsumsi ibu hamil, Karenanya mengkonsumsi bayam pada masa kehamilan sangat dianjurkan.

#Pisang
Jika anda sedang hamil di usia muda atau 3 bulan pertama, mengkonsumsi buah pisang adalah salah salah satu makanan yang paling saya rekomendasikan, sebab pisang merupakan salah satu buah yang paling tinggi akan Vitamin B6 yang fungsinya untuk mengurangi morning sickness.

morning sickness sendiri bisa diartikan sebagai mual dan muntah, hal ini wajar dialami oleh wanita hamil trimester pertama.selain vitamin yang ada pada pisang hampir sama dengan bayam yaitu juga memiliki vitamin C, asam folat , dan pontasium.

##Pepaya
Pepaya adalah buah yang termasuk buah tropis tidak heran jika kita akan mudah menemukan pepaya hampir setiap tempat diseluruh indonesia, namun siapa yang menyangka, bahwa buah ini sangat baik ketika dikonsumsi ibu hamil dan janinnya. karena mengandung serat, asam folat,potassium dan vitamin C, buah ini juga dapat di jadikan alternatidf ketika anda bosan mengkonsumsi pisang dan bayam.

Tetapi perlu diingat, bahwa anda bisa memakan pepaya hanya ketika pepaya tersebut benar-benar sudah matang, jika anda memakan pepaya yang kurang matang dikhawatirkan dapat beresiko kontraksi.

#Alpukat
Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak keunggulan, tak heran jika banyak yang menggunakan alpukat sebagai bahan menjaga kesehatan, terkait dengan itu semua, alpukat juga sangat baik di konsumsi untuk ibu hamil karena mengandung bangak gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh saat kehamilan, Vitamin C, K, B6, asam folat, kalium serta lemak tak jenuh menjadi salah satu alasan kenapa mengkonsumsi alpukat sangat dianjurkan pada masa kehamilan terlebih pada masa kehamilan trimester kedua.

Alpukat juga menjadi sumber serat yang dibutuhkan  tubuh serta alpukat dipercaya dapat membantu pertumbuhan otak janin.

#Sayuran Hijau
Bayam memang termasuk sayuran hijau akan tetapi pada dasarnya hampir semua sayuran hijau mengandung manfaat yang luar biasa untuk tubuh tak terkecuali untuk ibu hamil dan janinnya.

Contoh dari sayuran berdaun hijau yang sangat bermanfaat adalah kangkung yang merupakan sumber zat besi, selain kangkung, brokoli juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk kesehatan. sayuran hijau ini berfungsi untuk memperlancar metabolisme darah.

==>> Baca juga: 




Bila anda rajin mengkonsumsi Jenis Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Sangat Dianjurkan diatas, mudah-mudahan anda dan calon bayi anda diberikan kelancaran dan kesehatan.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *