15 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Paling Ampuh

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami akan saya bahas pada artikel singkat ini, mengalami keputihan sejatinya adalah hal yang wajar bagi setiap wanita pada umumnya. karena keputihan merupakan kondisi alami bagi setiap wanita yang berfungsi untuk melindungi alat kewanitaan dari berbagai infeksi kuman, parasit maupun virus. Tetapi perlu anda anda garis bawahi keputihan yang saya  maksud adalah keputihan secara Normal, beda halnya yang keputihan yang Abnormal yang mengakibatkan gatal, bau tak sedap, cairan berlebih ,cairan berwarna kekuning-kuningan, maupun berwarna kecoklatan. berikut kutipan singkat tentang keputihan (abnormal) sertacara mengatasi keputihan secara alami.
Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Paling Ampuh
Illustrasi keputihan
caracantiksehat.com - Keputihan adalah kondisi dimana alat reproduksi wanita mengeluarkan cairan berwana bening atau putih (cream) secara normal, kondisi ini dinilai para ahli sebagai kondisi yang wajar untuk setiap wanita, fungsi keputihan sendiri seperti yang saya sindir pada awal-awal kalimat yaitu berfungsi melindungi alat kewanitaan dari berbagai parasit, jamur, virus maupun kuman yang mengakibatkan iritasi diarea kewanitaan. keputihan tidak hanya terjadi pada wanita dewasa saja melainkan bisa terjadi pada remaja dan ibu hamil.

Berbanding terbalik dengan keputihan yang abnormal (tidak biasa) yang dapat menimbulkan rasa nyeri, gatal, bau menyengat, dll. Sebagai wanita anda perlu mengetahui dan memahami jenis-jenis keputihan itu sendiri, karena bukan tidak mungkin anda akan mengalami keputihan yang tidak normal.

Jenis-Jenis Keputihan Abnormal

Berikut adalah jenis-jenis keputihan yang wajib anda waspadai, atau segera anda obati.
  1. Keputihan berwarna coklat atau coklat berdarah : Keputihan jenis seperti ini biasanya diakibatkan oleh siklus datang bulan yang kurang teratur. Walaupun jarang terjadi, janganlah menganggap sepele karena keputihan jenis ini dapat mengakibatkan kanker serviks (kanker pada area leher rahim kewanitaan).
  2. Keputihan yang disertai rasa nyeri maupun pendarahan : Keputihan jenis seperti ini juga perlu untuk diwaspadai rasa nyeri yang terjadi pada tulanh panggul atau ketika buang air kecil terdapat darah ketika tidak datang bulan, serta keputihan sesaat setelah berhubungan suami istri sebaiknya jangan dibirkan. sebab, keputihan jenis ini dapat mengakibatkan gorone (salah satu penyakit yang dapat menular dengan gejala kencing nanah) atau klamedia (penyakit menular yang diakibatkan adanya virus chlamydia trachomatis).
  3. Keputihan berwarna atau berbuih : Jika anda mengalami keputihan berwarna seperti warna hijau, kuning, maupun berbuih, maka sebaiknya anda segera lakukan pengobatan baik melalui yang lebih ahli maupun mengobati keputihan secara alami. keputihan seperti ini biasanya dapat menyebabkan trikomoniasis (penyakit yang disebabkan karena adanya parasit protozoa parasit Trichomonas yang menginfeksi alat kewanitaan bagi wanita).
  4. Keputihan diiringi luka melepuh : Perlu di perhatikan, keputihan seperti ini umumnya akan menyebabkan luka yang melepuh hampir mirip seperti sariawan, penyakit ini dikenal sebagai herpers genital, melepuhnya ini dapat akan mengakibatkan rasa sakit disekitar intim, dan juga dapat menular pada pria.
  5. Keputihan diiringi rasa gatal : keputihan jenis ini umumnya diakitkan oleh jamur maupun ragi yang memicu adanya cairan berlendir serta kental mirip seperti susu kental pada umumnya, tapi yang membedakannya adalah keputihan jenis ini tidak memiliki bau yang amis, serta mengakibatkan rasa gatal yang diiringi rasa perih disekitar alat kewanitaan sewaktu berhubungan suami istri, penyakit ini tidak dapat menular pada pria tetapi juga sangat perlu untuk segera diobati dengan bahan-bahan yang mengandung antijamur, baik secara medis maupun secara alami yang segera akan saya berikan.
  6. Keputihan berwarna abu-abu dan berbau amis : Apakah anda pernah atau sedang mengalami keputihan yang berwarna abu-abu serta berbau amis? jika iya, sebaiknya anda sesegera mungkin mengobati keputihan ini. sebab keputihan jenis ini dapat memicu terjadinya infeksi vaginosis bakteri yang dapat menimbulkan peradangan, bau yang menyengat, iritasi serta rasa nyeri pada penderitanya.
  7. Keputihan berwana pink : keputihan jenis ini diakibatkan oleh peluruhan dinding rahim biasanya hal ini terjadi pada wanita yang baru melahirkan.

Faktor penyebab keputihan wanita 

Setelah mengetahui jenis-jenis keputihan, berikut adalah faktor penyebab keputihan normal maupun abnormal yang sebaiknya anda hindari.
  • Stress: Stress merupakan salah satu faktor yang paling umum sebagai penyebab keputihan, jadi sebaiknya anda hindari hal-hal yang berbau stress dengan selalu berfikir positif.
  • Menggaruk Kewanitaan: Menggaruk kewanitaan secara sadar atau tidak sadar dapat mengakibatkan keputihan abnormal, terlebih jika keadaan tangan kita dalam keadaan yang kurang bersih.
  • Kelelahan: faktor lain penyebab keputihan juga bisa dikarenakan kelelahan pada seorang wanita baik yang sedang kerja keras atau penyebab kelelahan lainnya, sebaiknya mulai sekarang cobalah menatata kegiatan secara baik, sehingga mengurangi kelalelahan.
  • Hormon: setiap wanita normal pada umumnya berbeda, perubahan hormon bisa terjadi pada pria maupun wanita di usia 10 tahun keatas, hormon ini memeliki 2 jenis yaitiu, hormon rendah dan hormoon tinggi,disaat hormon mengalami kenaikan maka akan memicu keputihan.
  • Kadar gula tinggi: Tak jarang seseorang mengalami keputihan disaat kadar gula darah meninggi, tingginya gula darah tersebut dapat disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi.
  • Gonta ganti pasangan: Keputihan yang disebabkan oleh gonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan suami istri sudah bukan menjadi rahasia lagi, keputihan dalam hal ini bisa dihindari dengan mencari hanya satu pasangan hidup yang bisa dijadikan suami selamanya.
  • Kurangnya istirahat: Selain kurang baik terhadap kesehatan, kurangnya istirahat dapat menyebabkan keputihan bagi wanita, jika memang benar anda kurang istirahat, mulailah mengatur jadwal istirahat anda mulai dari sekarang.
  • Kebersihan daerah kewanitaan kurang terjaga: Selain faktor-faktor diatas, keputihan dapat terjadi akibat kurang terjaganya daerah kewanitaan, hal ini juga yang umumnya memicu keputihan abnormal.

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Jika kita sudah mengetahui jenis maupun penyebab keputihan, berikut adalah cara mengobatinya, terutama keputihan abnormal menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya aman.

Cara mengobati keputihan dengan daun sirih
Daun sirih merupakan tumbuhan obat yang sudah tidak diragukan lagi khasiat maupun manfaatnya dalam mengatasi dan mengobati berbagai masalah kewanitaan, bahkan daun sirih sudah menjadi bahan utama salah satu produk untuk membersihkan dan mengobati keputihan, hal ini dikarenakan daun sirih mengandung antijamur dan anti bakteri dan zat-zat bermanfaat lainnya yang sangat penting dalam mengobati keputihan normal maupun abnormal.

Caranya:
  1. Siapkan beberapa lembar daun sirih
  2. Cuci hingga bersih
  3. Rendam kedalam air mendidih
  4. Diamkan selama beberapa menit hingga terasa hangat
  5. Gunakan air rebusan tadi untuk membersihkan daerah kewanitaan
Cara mengobati keputihan dengan bawang putih
Selain dapat mengobati ispa, mata bintitan, mata merah dll. Bumbu dapur yang satu ini selalu menjadi pilihan dalam mengatasi masalah kesehatan maupun kecantikan. Sebab, kandungan dalam obat tradisional ini bukan menjadi rahasia lagi, faktanya bawang putih mengandung berbagai zat yang dapat melawan bakteri, parasit maupun jamur, zat antibiotik yang ada pada bawang putih contohnya, zat ini dapat mengatasi bakteri yang ada pada alat reproduksi wanita.

Caranya:
  1. Ambil bawang putih secukupnya
  2. Haluskan dengan ditumbuk maupun diblender
  3. Taruh kedalam penyaring Untuk diambil ekstraknya
  4. Campurkan dengan air hangat
  5. Bersihkan alat kewanitaan anda dengan air tersebut
  6. Diamkan selama 5 s.d 10 menit
  7. Bersihkan lagi dengan air bersih
Cara mengobati keputihan dengan bubuk biji buah mangga

Kerap kali kita setelah memakan daging buah mangga pasti akan membuang biji buah mangga tersebut, dan pada kenyataannya biji buah tersebut juga dapat dijadikan obat tradisional dalam mengatasi masalah kewanitaan tak terkecuali keputihan.

Caranya:
  1. Siapkan bubuk biji buah mangga
  2. Campurkan dengan air hangat secukupnya
  3. Aduk hingga tercampur
  4. Oleskan pada daerah kewanitaan
  5. Diamkan selama 1 s.d 2 jam
  6. Bersihkan dengan air hangat
Cara mengobati keputihan dengan ketumbar
Selain biji mangga, biji ketumbar juga sangat bermanfaat untuk masalah keputihan terutama keputihan abnormal, manfaat dari biji ketumbar untuk mengatasi keputihan hingga dimuat dalam laman salah satu situs kesehatan ternama (allthearticles). Selain manfaatnya yang luar biasa, cara penggunaannya juga terkesan mudah.

Caranya:
  1. Siapkan air minum dalam 1 gelas
  2. Persiapkan juga beberapa biji ketumbar
  3. Masukkan kedalam gelas tersebut
  4. Biakan selama 1 malam
  5. Minum pada pagi harinya ketika perut masih kosong
Cara mengobati keputihan dengan akar bayam
Sebagian dari anda mungkin belum pernah mendengar khasiat akar bayam untuk kesehatan, tetapi faktanya hal ini sudah teruji secara medis dapat menyembuhkan keputihan secara alami, itu dikarenakan akar bayam mengandung antibakteri dan juga senyawa yang dapat mengatasi iritasi yang disebabkan kuan, jamur, maupun parasit.

caranya :
  1. Siapkan air mendidih
  2. Beberapa akar bayam
  3. Rebus akar bayam tersebut
  4. Minum 2x sehari (pagi dan sore)
Cara mengobati keputihan dengan daun sirsak
Alat reproduksi yang terganggu karena keputihan abnormal bisa juga diatasi dengan daun sirsak, hal ini bukan tanpa alasan, sebab daun sirsak kaya akan kandungan antibakteri dan anti kanker yang dapat membantu anda mengobati keputihan abnormal. Selain itu, daun sirsak juga dapat mencegah keputihan. baca juga : manfaat rebusan daun sirsak untuk obat kesehatan dan kecantikan.

Caranya :
  1. Sipakan 10 lembar daun sirsak
  2. 5 ruas kunyit
  3. Garam secukupnya
  4. Cuci sampai bersih
  5. Potong kecil-kecil daun sirsak dan kunyit tersebut
  6. Rebus dengan 5 gelas air
  7.  Angkat ketika air berkurang sekitar tinggal 1 atau 2 gelas saja
  8. Minum 3x sehari (pagi, siang, malam) 
Cara mengobati keputihan dengan daun Beluntas
Bagi seseorang yang ada di perkampungan mungkin tidak asing dengan yang namanya daun beluntas, sebab daun beluntas sejak jaman nenek moyang dapat dijadikan sebagai obat keputihan bagi wanita selain kesehatan, daun beluntas mengandung zat kimia alami seperti alkholoid, minyak atsiri, flavonoid serta antibakteri yang tentunya sangat penting dalam pengobatan melawan segala jenis bakteri yang memicu terjadinya keputihan abnormal.

Caranya :
  1. 20 helai daun beluntas
  2. Akar tapak liman
  3. Cuci higga besih
  4. Rebus kedalam air yang mendidih
  5. Minum air rebusan tersebut setelah menjadi hangat

Adapun obat tradisional atau bahan alami untuk mengobati keputihan sebagai berikut.
  • Kunyit
  • Akar Mawar
  • Lidah buaya 
  • Sambiloto
  • Jahe
  • Buah Pisang
  • Buah Anggur
  • Dll.

Cara Mencegah Keputihan

Jika anda sudah terbebas dari masalah keputihan maka sebaiknya anda tau bagaimana cara mencegah keputihan yang mengganggu tidak hinggap terhadap diri anda lagi, berikut adalah tatacara mencegah keputihan.
  1. Jangan biarkan alat kewanitaann lembab
  2. Jangan terlalu sering menggunakan pembersih alat kewanitaan
  3. Hindari penggunaan farfum di daerah kewanitaan
  4. Konsumsilah makanan sehat
  5. Ganti celana dalam secara teratur
  6. Hindari peggunaan tisu toilet yang beroroma
  7. Cucilah Pakaian atau celana dalam anda dengan air hangat
Sebaiknya bukan hanya cara mencegah keputihan saja yang perlu diperhatikan melainkan juga menghindari faktor penyebab keputihan tersebut terutama faktor penyebab keputihan abnormal. Semoga 15 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami bermanfaat bagi anda.
    Protected by Copyscape

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *