7 Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan Maupun Pengobatan

Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan masih sangat disepelekan oleh kebanyakan orang pada umumnya. Hal tersebut wajar, sebab masih banyak yang belum mengetahui khasiat atau manfaat bunga pagoda yang terkesan cantik dan menarik tersebut, padahal jika kita mengetahui manfaatnya, baik sebagai penambah kesehatan maupun bahan alami pengobatan, anda mungkin tidak akan menyepelekan lagi bunga tersebut atau bahkan memanfaatkan bunga cantik ini. Untuk itu saya mengajak anda sedikit berkenalan dengan bunga pagoda beserta manfaatnya.
Manfaat bunga pagoda untuk kesehatan
Gambar bunga pagoda merah
caracantiksehat.com - Bunga pagoda yaitu salah satu tanaman yang memiliki nama latin Clerodendron paniculatum Vahl, Bunga pagoda biasanya tumbuh di akhir-akhir musim semi, itu artinya bunga pagoda tumbuh pada masa awal musim panas, melihat dari namanya tentunya anda sudah dapat menebak seperti apa bunga pagoda tersebut. Ya, bunga pagoda mirip seperti candi/pagoda yang ada di bali, bentuknya semakin keatas semakin meruncing.

Ciri-ciri bunga pagoda secara detailnya dapat anda lihat dari batangnya yang penuh dengan bulu halus, dengan tinggi mencapai satu hingga tiga setengah meter, jenis daun yang dimiliki tumbuhan ini berjenis daun tunggal, mumpunyai tangkai serta letaknya berhadapan, bentuk dari daun pagoda umumnya berbentuk bulat, dan bentuk pangkal daun memiliki kemiripan dengan jantung.

Sedangkan bunga dari tanaman bunga pagoda sendiri biasanya berwarna merah atau kuning agak keputihan, bertumpuk dan membentuk piramit (semakin keatas semakin runcing) yang terdapat pada unjung tangkai. Bunga pagoda juga biasanya tumbuh di ketinggian 1.300 s.d 1400 diatas permukaan laut, punya buah yang berbentuk bulat dan bisa hidup di daerah bercuaca tropis.

Kandungan kimia alami yang ada pada bunga pagoda tergolong beragam salah satunya adalah Alkoloid, zat samak serta garam kalium yang dapat difungsikan sebagai antiradang, obat mempercepat pembentukan urin (diuretik), memberikan efek penenang(sedatif), pendarahan (hemostatis), dll. Yang akan saya akan mencoba jelaskan secara singkat.

Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan Maupun Pengobatan
Kita sudah sedikit berkenalan dengan bunga pagoda, maka selanjutnya saya akan ajak anda mengetahui khasiat dan manfaat bunga pagoda untuk kesehatan maupun sebagai pengobatan tradisional atau alami. Perlu diketahui, tak hanya bunga dan daunnya saja yang dapat dijadikan obat tradisional melainkan akarnyapun  dapat bermanfaat bagi kesehatan  berikut contoh lengkapnya.
  1. Mengobati insomnia : Saya sudah sedikit menyinggung tentang kandungan yang ada pada bunga pagoda, salah satunya sebagai penenang, dan kita sudah mengetahui salah satu penyebab insomnia (sulit tidur) bisa disebabkan oleh fikiran kita yang kurang tenang dan selalu gelisan, oleh sebab itu, manfaat bunga pagoda untuk menyembuhkan insomnia dapat anda coba. Caranya dengan menyiapkan akar tanaman bunga pagoda yang telah kering dan telah  ditumbuk menjadi serbuk, anda dapat juga menggantinya dengan bunga dari tanaman tersebut, seduhlah sebuk tadi dengan air hangat, terkahir, minum secara rutin menjelang istirahat malam.
  2. Penyakit kulit : penyakit yang cukup mengganggu penampilan tidak lain adalah penyakit kulit seperti bisul maupun korengan, dua penyakit tersebut tentu saja ingin segera anda obati, jika benar, anda dapat menggunakan daun bunga pagoda yang telah dilumat dan ditumbuk serta sudah diberi sedikit madu, lalu dioleskan di bagian yang terkena penyakit kulit tersebut.
  3. Mengobati wasir : tanaman obat yang satu ini ternayata dapat mengobati wasir yang mengganggu kesehatan maupun kenyamanan pengidap wasir, anda dapat mencoba mengobati wasir dengan mengggunakan bunga pagoda, caranya  juga tidak jauh beda dengan poin nomer satu, yaitu dengan menggunakan akar daun pagoda yang telah dikeringkan dan ditumbuk menjadi sebutah serbuk, lalu diseduh dan diminum secara berkala.
  4. Mengobati keputihan : Bunga dari tumbuhan bunga pagoda ternyata memiliki sifat anti-bakterial didalamnya, dan pada kenyataannya keputihan terjadi dikarenan oleh sebuah, bakteri, jamur, virus maupun parasit, anda dapat menggunakan bahan alami alternatif bunga pagoda untuk mengobati keputihan tersebut, caranya terkesan mudah hanya dengan mengkonsumsi air rebusan bunga tanaman bunga pagoda.
  5. Mengatasi dan Mencegah Gondok : jika kita fahami, gondok merupakan penyakit yang terjadi akibat kelenjar tiroid membengkak (membesar), anda dapat mencegah bahkan mengobati penyakit berbahaya ini dengan cara mengkonsumsi sayur bunga pagoda.
  6. Meringankan Luka : Luka merupakan keadaan dimana kulit kita tersobek yang bisa disebabkan oleh beberapa hal, jika dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik, luka yang ada akan lama untuk mengering bahkan dapat menjadi semakin parah dengan keluarnya nanah, untuk cepat mengeringkan dan menyembuhkan luka tersebut, anda dapat mengoleskan campuran bunga dan daun bunga pagoda yang telah ditumbuk secara perlahan.
  7. Meringankan Anemia : Selain dapat mengobati insomnia, bunga dari tanaman bunga pagoda dapat meringankan anemia atau kekurangan darah, caranya juga terkesan mudah yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan bunga pagoda.
Demikianlah 7 Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan Maupun Pengobatan yang bisa saya jelaskan,  semoga bermanfaat dan menambah wawasan yang anda miliki.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *