9 Manfaat Daun andong Untuk Kesehatan

Manfaat Daun andong untuk kesehatan tidak terlalu populer seperti tanaman herbal lainnya, namun sepatutnya anda tidak menganggap remeh manfaat daun andong merah maupun manfaat dari daun andong hijau, sebab tanaman ini juga mempunyai manfaat yang bisa dibilang sangat berguna terhadap kesehatan. berikut sedikit ringkasan tentang daun andong berikut khasiat dan manfaat yang ada didalamnya.
Manfaat Daun andong Untuk Kesehatan
Gambar daun andong merah
caracantiksehat.com -Tanaman andong yaitu jenis tumbuhan monokotil (tumbuhan berkeping dan berbiji tunggal). Nama ilmiah/latin dari tumbuhan ini adalah Cordyline fruticosa , dan mempunyai nama lain yaitu hanjuang. Umumnya, tumbuhan ini hanya dimanfaatkan sebagian orang sebagai tanaman hias saja. namun tak sedikit juga yang memanfaatkan andong sebagai bahan dari obat tradisional.

Ciri-ciri dari tanaman andong dapat dilihat dari perdu yang mempunyai cabang, pohon andong tingginya mencapai 2-5 meter, sedangkan daung dari tanaman ini tersusun spiral dengan ranting yang berjejal. Selain itu, tangkai tanaman andong mirip seperti talang.

Andong merupakan tanaman yang menarik, sebab daun andong bisa berubah warna merah jika daunnya terkena paparan sinar matahari secara langsung, sementara tanaman andong memiliki banyak jenis, seperti Cordyline australis, Cordyline banksii, Cordyline fruticosa syn. C. terminalis (hanjuang biasa), Cordyline haageana, Cordyline indivisa, Cordyline obtecta syn. C. kaspar, C. baueri dari Selandia Baru, pumilio, stricta.

Daun andong memiliki kandungan yang berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit, kandungan-kandungan tersebut antara lain adalah polifenol, tannin, zat besi, saponin, timidine, stereoida, polasakarida, falvonoid dan kalsium oksalat. zat kimia alami tersebut mempunyai khasiat dan manfaat sendiri-sendiri dalam mengobati penyakit. Dan berikut manfaat dari daun andong tersebut.

9 Manfaat Daun andong Untuk Kesehatan

Jika anda memiliki tumbuhan andong sebaiknya jangan hanya dijadikan tanaman hias saja melainkan juga digunakan untuk mengatasi atau mengobati berbagai masalah tentang kesehatan, dan umumnya jenis andong yang digunakan sebagai obat ialah jenis andong merah dan jenis andong hijau salah satunya sebagai berikut.
  1. Mengatasi batuk berdarah : Batuk darah tentunya juga penyakit yang tidak bisa dianggap sepele, namun bukan tidak bisa disembuhkan, salah satunya adalah dengan menggunakan daun andongan merah yang telah dibersihkan dan direbus, air hasil rebusan tersebut kemudian diminum secara teratur minimal dua kali sehari :
  2. Dapat mengobati wasir : Seperti yang saya katakan pada posting-posting sebelumnya tentang wasir, wasir diakibatkan oleh virus yang menginfeksi, jika dibiarkan penyakit ini dapat mengganggu aktifitas anda, bahkan dapat berbahaya terhadap kesehatan anda, alternatif lain mengobati wasir yang bisa anda gunakan yaitu dengan menguggunakan beberapa helai daun andong yang telah dicampur dengan wungu yang telah dipotong kecil-kecil, kemudian rebus hingga airnya menjadi seperuh, minum sewaktu masih hangat
  3. Mengobati hematuria : hematuria  atau kencing darah yang secara umum diakibatkan adanya infeksi saluran kemih, ternyata juga diobati dengan menggunakan akar dan daun tanaman andong, yang telah dibersihkan dan direbus, selanjutnya diminum 2x dalam sehari
  4. Mengobati pembengkakan pada gusi : Selain daun dan akarnya ternyata kulit kayu dari tanaman andong dapat digunakan juga sebagai obat, salah satunya adalah obat pembengkakan pada gusi (radang gusi), caranya juga cukup mudah hanya dengan menyiapkan kikisan kulit kayu andong yang telah dicampur dengan sedikit garam, setalah itu oleskan pada area gusi yang bengkak, cara tersebut juga meminimalisir sakit yang diakibatkan radang gusi.
  5. Mengatasi Diare : Manfaat dari daun andong sungguh luar biasa, tanaman herbal ini bakan dapat mengobati diare sekalipun, ini disebabkan karena banyaknya kandungan bermanfaat yang ada didalamnya.Untuk caranya tidak beda dengan poin nomer 3.
  6. Mengobati nyeri lambung : Nyeri lambung tentunya sangat menyiksa bagi para pengidapnya, oleh karenanya disarankan untuk segera mengobati penyakit tersebut baik secara medis maupun secara herbal, jika ingin menempuh pengobatan secara herbal anda dapat menggunakan daun andong, caranya tidak beda dengan poin nomer 1.
  7. Gangguan datang bulan : Gangguan datang bulan merupakan hal yang perlu diwaspadai kaum wanita, sebab dapat mempengaruhi kesuburannya, dengan menggunakan daun andong anda dapat mencegah bahkan mengatasi gangguan-gangguan datang bulan yang ada, caranya juga sangat mudah dan tidak jauh beda dengan yang lain, yaitu dengan mengambil air hasil rebusan akar dan daun andong yang kemudian diminum.
  8. Menyamarkan bekas luka gigitan : Luka akibat gigitan hewan dapat mengakibatkan bekas yang mencolok, terlebih jika bekas tersebut dikarenakan gigitan hewan berbisa, jika dibiarkan malah akan membekas seumur hidup, anda dapat menyamarkan bahkan menghilangkan bekas gigitan tersebut dengan menggunakan bahan alami andongan, caranya hanya dengan menumbuk daun andong hingga halus, kemudian oleskan dan biarkan selama beberapa jam, lakukan secara rutin hingga sembuh.
  9. Melawan racun yang masuk : Selain dapat menyamarkan luka gigitan hewan beracun, tanaman andong ternyata dapat melawan racun akibat gigitan hewan berbisa, caranya dengan menumbuk daun andong hingga basah dan beri sedikit larutan air garan kemudian oleskan secara perlahan daun tersebut dan biarkan hingga mengering.
Demikian  9 Manfaat Daun andong Untuk Kesehatan yang mungkin bisa anda gunakan sekarang atau suatu saat nanti saat anda membutuhkan, Semoga bermanfaat.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *