Cara Mengobati Cacing Kremi Untuk Anak-Anak Dan Orang Dewasa

Cara mengobati cacing kremi terkesan sulit bagi orang awam, apalagi cara mengeluarkan cacing kremi dari perut tidaklah mudah, perlu penanganan yang baik dan benar. obat cacing kremi di apotik terdekat belum 100 persen dapat mengobati penyakit cacing kremi yang umumnya diderita oleh anak-anak usia 5 s.d 10 tahun, ditambah lagi anda harus berhati-hati dengan dosis dalam obat tersebut.

Memang secara umum anak-anak sangat rentan terhadap penyakit cacing kremi, tetapi perlu anda ketahui, penyakit cacing kremi dapat menyerang siapa saja termasuk orang dewasa, berikut  Cara Mengobati Cacing Kremi Untuk Anak-Anak Dan Orang Dewasa.
Illustrasi cacing kremi
caracantiksehat.com - Seperti namanya, Cacing kremi yaitu cacing parasit yang berukuran kecil dan bisa tumbuh hingga 15 cm, cacing ini berada pada usus besar. Enterobius vermicularis adalah nama latin yang diberikan untuk cacing pengganggu ini. cacing kremi berbentuk seperti benang atau senar putih serta bisa terlihat pada sekitar lubang anus atau kotoran penderita penyakit cacing kremi saat buang air besar.

Gejala cacing kremi

  • Gatal : gejala paling umum untuk penderita cacing kremi adalah rasa gatal dibagian anus, rasa gatal ini biasanya dirasakan saat malam hari. Sebab, pada malam hari cacing kremi betina keluar dan meletakkan telurnya di area anus. 
  • Menimbulkan Luka : hal ini diakibatkan oleh rasa gatal yang diderita oleh para penderita cacing kremi, bukan hanya dapat menimbulkan luka diarea anus, melainkan juga dapat mengakibatkan infeksi bakteri di area luka tersebut.
  • Rasa tidak nyaman : tentu saja hal ini juga dapat dirasakan oleh penderita penyakit cacing kremi, rasa tak nyaman yang dirasakan dapat mengakibatkan anda kesulitan dalam tidur.
  • Diare : infeksi parah yang diakibatkan oleh penyakit cacing kremi juga dapat mengakibatkan diare, mual serta nafsu makan akan berkurang.
NOTE :  untuk anda (remaja dan dewasa) yang terjangkit cacing kremi mungkin sudah faham dengan gejala yang saya sebutkan diatas dan mungkin segera mencari obat cacing kremi tersebut,tetapi jika ini terjadi pada anak-anak orang tua bisa memerhatikan tingkah lakunya saat anak tersebut saat bangun tidur, mereka akan terlihat gelisah serta ingin menggaruk bagian anus mereka.

Penyebab penyakit cacing kremi

  1. Air yang dikonsumsi kurang bersih
  2. Ditularkan oleh orang lain
  3. Lantai yang kurang bersih
  4. Makanan yang dikonsumsi kurang higienis
  5. Baju, celana, pakaian
  6. Lingkungan yang kotor

Cara Mengobati Cacing Kremi Untuk Anak-Anak Dan Orang Dewasa

Berikut adalah  cara mengobati atau membasmi cacing kremi yang bisa anda terapkan pada diri anda sendiri atau anak anda yang terjangkit penyakit cacing kremi.

Menggunkan pare
Pare merupakan sayuran yang kurang diminati untuk dikonsumsi kerena memiliki rasa yang sangat pahit, ternyata rasa pahit ini juga kurang disukai cacing kremi, selain dapat membunuh cacing kremi yang ada pada tubuh, sayuran ini juga dapat membersihkan telur maupun induk yang telah mati yang masih tersisa dalam tubuh. caranya cukup mudah, hanya dengan membuat jus dari pare tanpa campuran apapun, dan sebaiknya minum ketika bangun tidur sewaktu perut masih kosong, sayangnya cara ini akan terasa sulit bagi anda atau anak-anak yang tidak suka dengan  rasa pahit.

Menggunakan bawang merah
Tentu saja anda ingin membasmi cacing kremi yang ada pada tubuh kita, jika demikian kita membutuhkan racun untuk membasminya, salah satu racun bagi cacing kremi adalah bawang merah, bawang merah mengandung senyawa alisin dan pedas sehingga menjadi racun yang ampuh untuk membasmi cacing kremi, caranya anda cukup mengiris bawang merah yang telah dibersihkan kemudian rendam pada segelas air minum, kemudian air rendaman tersebut minum pada pagi hari, air rendaman tersebut mampu membunuh induk maupun telur cacing kremi kemudian akan keluar bersama feses saat anda buang air besar. Selain bawang merah anda dapat menggunakan bawang putih sebagai alternatifnya.

Menggunakan wortel
Wortel sangat kaya akan vitamin A didalamnya terlebih jika dikonsumsi saat masih mentah, tentu saja vitamin A tersebut sangat berguna untuk kesehatan tubuh, sebaliknya, wortel akan menjadi racun yang sangat ditakuti cacing kremi. Caranya anda cukup menjadikan wortel yang masih segar sebagai jus, jika anda tidak suka dengan rasanya anda dapat menambahkan madu lalu diminum dipagi hari.

Menggunakan biji labu
Cara mengobati cacing kremi menggunakan biji labu bukanlah cara baru, faktanya sudah banyak masyarakat indonesia menggunakan biji labu untuk pengobatan cacing kremi, caranya juga cukup mudah anda hanya perlu menyiapkan biji labu yang masih segar lalu hancurkan biji labu tersebut hingga mirip seperti bubuk, rebus biji yang telah dileburkan tadi dengan air yang telah mendidih, biarkan selama 10 menit, angkat dan diamkan hingga panas tersebut menjadi hangat, minumlah 2x sehari saat pagi dan sore.

Menggunakan ekstak biji anggur
Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan cara membuat ekstrak biji anggur, sebab saat ini sudah banyak sekali penjual ekstrak biji anggur di pasar-pasar tradisional maupun di toko-toko online, khasiat ekstrak biji anggur ini dapat mencegah infeksi yang ditimbulkan cacing kremi, senyawa yang ada pada ekstrak biji anggur ini mampu menetralisir induk cacing dan telurnya.

Baca juga: Cara mengobati wasir secara alami tanpa operasi

Cara mencegah penyakit cacing kremi

Selain mengetahui cara mengobati cacing kremi, sebaiknya anda juga mengetahui cara mencegah cacing kremi agar anda maupun anak-anak bisa terhindar dari cacing kremi.

  1. Usahakan cuci tangan sebelum maupun sesudah makan
  2. Himbau anak-anak anda agar membiasakan diri mencuci tangan, sebelum dan sesudah bermain
  3. Sering-seringlah mencuci baju dengan bersih sebelum dipakai
  4. Gantilah pakaian dalam anda sesering mungkin
  5. Jagalah kebersihan lantai anda
  6. Cucilah bagian anus anda sebersih mungkin setelah buang air besar
  7. Seringlah memotong kuku
Demikianlah Cara Mengobati Cacing Kremi Untuk Anak-Anak Dan Orang Dewasa semoga dapat membantu anda.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *