Bahaya Vapor Atau Rokok Elektrik Yang Harus Diwaspadai

Bahaya vapor atau yang akrab ditelinga dengan sebutan rokok elektrik pada awal terciptanya dianggap lebih aman daripada rokok tembakau pada umumnya oleh sebagian orang bahkan banyak media online dan iklan cetak yang menyatakan bahwa vapor/vaping bebas dari nikotin, tar dan zat berbahaya lainnya, itu sebabnya mengapa rokok elektrik atau vapor terkenal dengan sangat cepat dan telah banyak sekali yang menggukannya meskipun harga vapor cigarette tersebut lumayan mahal.

Setelah diteliti oleh salah satu pakar kesehatan di amerika, vapor yang saat ini beredar memiliki efek samping atau dampak negatif yang sangat berbahaya terhadap kesehatan, jika ingin mengetahui lebih jelas tentang bahaya vapor simak ulasan berikut ini.
bahaya vapor atau rokok elektrik
Contoh gambar rokok elektrik/vapor
caracantiksehat.com - Vapor adalah sebuah alternatif pengganti rokok yang disajikan secara elektrik, nama lain vapor yaitu vape. Vapor sendiri menggunakan tenaga batterai yang memberikan dosis nikotin hirup serta sensasi yang mirip dengan rokok tembakau pada umumnya (rokok konvensonal) bedanya adalah vapor tidak menggunakan tembakau dan pembakaran. Asap hirup yang ditumbulkannya murni dari proses penguapan cairan setelah diteteskan pada kapas yang sudah dipanaskan menggunakan listrik.

Sebenarnya bahaya vapor dengan bahan liquid cair tanpa nikotin tidak diketahui pasti dan hingga saat ini masih menimbulkan perdebatan atau perbedaan pendapat diantara ahli kesehatan, tetapi kebanyakan saat ini banyak sekali liquid yang berbahan nikotin cair dan banyak menimbulkan efek samping atau efek negatif terhadap kesehatan tubuh.

Penjualan cairan liquid dengan bahan nikotin ada sejak banyak konsumen yang menginginkan liquid tersebut mengandung nikotin sehingga efek candu dan zat didalamnya tidak jauh berbeda dengan rokok biasa, larutan liquid yang tidak mengandung liquid hanya mengandung gliserin, propilen glikol, serta prasa dengan rasa yang beraneka ragam seperti mint, karamel, macambuah, kopi, susu, coklat dll.

Bahaya Vapor / Rokok Elektrik

Tidak jauh berbeda dengan rokok biasa banyak sekali efek samping vapor / vaping dengan dengan bahan liquid nikotin cair yang perlu anda ketahui serta perlu anda hindari diantaranya adalah:
  1. Iritasi paru-paru: Iritasi paru-paru sangat memabahayakan nyawa anda apabila dibiarkan tidak segera diobati, dan iritasi paru-paru ini dapat disebabkan oleh nikotin cair yang ada didalam vapor.
  2. Kanker: Asap yang dihisap dapat berubah menjadi salah satu racun yang cukup berbahaya dan mengakibatkan kanker, racun tersebut berupa carbonyl sebagai pemicu kanker.
  3. Penyakit Jantung: Tidak hanya rokok biasa saja yang dapat menimbulkan penyakit jantung, pavor yang digunakan dalam jangka waktu panjang dapat memikat oksigen yang kita hirup sehingga pasokan oksigen yang seharusnya menyebar keseluruh tubuh akan mengalami hambatan dan memicu penyakit jantung berbahaya.
  4. Ketagihan: Hal ini seharusnya sudah banyak dipahami oleh kebanyakan orang, sebab kita tau zat nikotin yang ada pada larutan liquid vaping / vapor mengakibatkan penggunanya merasakan ketagihan.
  5. Keracunan: Walaupun tidak diketahui secara pasti bahwa efek samping vapor atau rokok elektrik dapat menyebabkan keracunan, namun sudah ada kasus yang akan hal ini.
  6. Sistem pernafasan: Bahaya vapor terhadap sistem pernapasan bukanlah isu belaka, pasalnya hal tersebut sudah diperingatkan oleh penjual rokok elektrik (vapor) terlebih bagi anda yang mempunyai gangguan paru-paru termasuk penyakit asma bronkial, ISPA, PPOK, dan peneumonia hal tersebut dikarenakan uap yang diperoleh dari listrik mengakibatkan sesak nafas, batuk, asma kambuh, dll.
Demikianlah bahaya vapor atau rokok elektrik yang harus diwaspadai, semoga anda lebih waspada dan lebih berhati-hati terhadap segala jenis rokok.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *