Manfaat Kayu Secang Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat kayu secang sudah tak asing lagi ditelinga rakyat indonesia, sebab kayu ini digunakan sejak dahulu sebagai rempah yang cukup populer, selain itu kayu secang bisanya digunakan sebagai bahan atau ramuan yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan salah satunya untuk maag, diabetes, obat jerawat bahkan berguna untuk bayi.

Walaupun khasiat dari kayu cukup banyak, semakin berkembangnya waktu rempah ini mulai ditinggalkan dan diabaikan, oleh karenanya masih banyak orang yang tidak tahu menahu tentang kayu yang satu ini, dan saya yakin diantara pembaca juga baru sekarang mendengar kata tersebut, jika iya dan anda ingin mengetahui tentang kayu secang beserta manfaatnya berikut ulasan  selengkapnya.
Manfaat kayu secang
Gambar bunga, daun, batang dan kayu secang
caracantiksehat.com - Kayu secang merupakan tumbuhan yang dikolompokkan kedalam rempah asli indonesia, Kayu secang mempunyai nama latin Caesalpinia Sappan L dan di indonesia sendiri rempah-rempah yang satu ini memiliki banyak julukan diantaranya : sepang, sopang, cacang, soga jawa, Dll.

*Ciri-ciri Kayu Secang
Sebelum mengetahui mafaat dari kayu secang, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu ciri dari tumbuhan yang satu ini, tujuannya adalah supaya anda tau lebih jelas mana secang mana yang bukan.

Pohon: Tanaman secang memiliki tinggi antara 3 hingga 6.5 meter pada umumnya, sedangkan batangnya mirip dengan silinder dan berwana kecoklatan, keunikan dari batang secang yaitu dapat mengeluarkan cairan merah mirip dengan darah.
Daun: ciri daun dari tumbuhan secang yaitu menyirip ganda dan memiliki ukuran 25 s.d 4,2 CentiMeter (cm) berwarna kehijau-hijauan.
Bunga: Bunga dari tanaman secang atau sepang mempunyai bentuk bunga yang tersusun malai dengan ukuran 10 s.d 40 cm, biasanya berada pada bagian ujung batang.

Note : jika masih bingun perhatikanlah gambar diatas

*Kandungan Kayu Secang
Manfaat kayu secang bukanlah mitos masyarakat semata akan tetapi hal tersbut bisa dibuktikan dalam dunia medis melalui kandungan-kandungan yang ada didalamnya, berikut kandungan pada kayu secang.
  1. Flavonoid
  2. Polifenol
  3. Brazilin
  4. Saponin
  5. Tannin
  6. Minyak Atsiri
  7. Asam Galat
  8. Delta-a
  9. Resin
  10. Resorin
  11. Dll.

Manfaat Kayu Secang

Untuk mempersingkat  waktu penulisan berikut saya sudah rangkum mengenai manfaat kayu secang untuk kecantikan, kesehatan, obat, bahkan khasiatnya untuk bayi selenkapnya perhatikan tabel berikut.

Manfaat
Manfaat
Sebagai anti oksidan alami
Meremajakan kulit
Sebagai antibiotik alami
Mengobati maag
Dapat menangkal radikal bebas
Mencegah dan mengobati diabetes
Anti bakteri
Menjaga kesehatan mata
Mengobati pendarahan
Menjaga kesehatan kulit bayi 16 bulan+
Memperbaiki dinding usus yang bermasalah Karena bakteri
Obat sakit perut
Anti septik
Anti jerawat

*Cara membuat ramuan kayu sencang
Untuk melengkapi artikel singkat ini dan untuk anda yang kebingungan dalam cara mengolahnya, saya juga akan memberikan tips tutorialnya yaitu dengan menjadikan kayu secang sebagai wedang, caranya cukup mudah hanya dengan menyiapkan kayu manis, jahe, serai , cengkeh beserta daunnya, daun pala, dan tentu saja secang secukupnya, bahan-bahan tadi kemudian direbus kedalam air yang sudah mendidih, kecilkan api nya, diamkan hingga aroma ramuan tersebut harum, saring dan minum, jika anda kurang suka terhadap rasanya, anda dapat menambahkan gula, namun sebaiknya di hindari gula tersebut jika anda menderita diabetes. Khusus untuk bayi, ambil kulit secang yang sudah kering,  tebus, dan saring airnya, gunakan sebagai air mandi.

Demikianlah manfaat kayu secang yang bisa saya saya berikan, semoga bermanfaat.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *