Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air Dengan Mudah

Cara mengatasi telinga kemasukan air ternyata cukup sederhana karena dapat dilakukan dengan atau tanpa bantuan dari orang lain sekalipun. Kita tau bahwa telinga atau kuping yang kemasukan air dapat menyebabkan beberapa hal negatif dan tidak mengenakkan, seperti sakit, pendengaran telinga  sebelah terganggu, seakan mendengar suara menggema bahkan parahnya lagi, telinga yang kemasukan air tersebut mudah sekali terinfeksi beberapa virus, oleh karenanya sesegera mungkin untuk mengeluarkan air ditelinga tersebut, berikut ulasannya.
Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Gambar illustrasi telinga kemasukan air
caracantiksehat.com - Air masuk kedalam telinga sebenarnya sangat sering terjadi pada anak atau orang tua yang sering melakukan aktifitas yang berhubungan dengan air, diantaranya adalah mandi, berenang, mencuci, Dll. Hal sepele tersebut dapat mengakibatkan telinga kita kemasukan air serta wajib anda ketahui bahwa air yang masuk tersebut seharusnya segera dikeluarkan agar tidak memicu peradangan pada saluran telinga.

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Memang secara normal air masuk kedalam telinga akan mengering dengan sendirinya tetapi yang perlu anda ingat bahwa jangka waktu air bisa mengering tidaklah sebentar, ditambah lagi dengan resiko dan akibat yang ditimbulkan masuknya air tersebut, nah oleh karenanya berikut adalah cara mudah mengatasi telinga yang kemasukan air dengan mudah.

Mengelap Telinga
Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan air dari dalam telinga yaitu dengan mengelap telinga bagian luar menggunakan kain yang kering, cara ini dimaksudkan agar air yang ada pada telinga dapat terserap kain tersebut, namun perhatikan jangan sampai dimasukkan ke bagian telinga bagian dalam kerena dikhawatirkan medorong air tersebut semakin dalam.

Menggoyangkan Daun Telinga
Jika anda tidak memiliki kain kering pada saat kuping kemasukan air, anda dapat melakukan cara lain yang juga dengan mudah anda lakukan, yaitu dengan menggoyang-goyangkan daun telinga sambil memiringkan kepala.

Melompat Kecil

Cara mengerluarkan air dalam kuping dapat juga anda lakukan dengan melompat kecil beberapa kali sambil memiringkan kepala hingga menghadap ketanah, cara ini rupanya sudah banyak terbukti mengeluarkan air dari dalam telinga/kuping.

Berbaring Miring

Jika dirasa cara diatas masih belum membuat air yang ada didalam telinga keluar, anda dapat berbaring memiringkan kepala selama beberapa menit, karena dipengaruhi oleh gaya gravitasi dimana air akan menuju ketempat yang lebih rendah.

Dengan Menguap

Mungkin tak banyak yang mengetahui bahwa menguap dapat melegakan ketegangan pada otot telinga yang dapat membuat air yang ada didalamnya terdorong keluar apalagi jika air tersebut sampai pada bagian Eustachius.

Mengunyah Permen Karet

Cara yan selanjutnya mungkin cukup unik yaitu dengan mengunyah permen karet, dikarenakan air yang terjebak pada telinga bagian dalam tepatnya pada tabung eustachio akan terbantu dalam mengeluarkan air tersebut hanya dengan gerakan mengunyah permen karet sambil memiringkan kepala kebawah.

Menggunakan Telapak Tangan
Untuk mengatasi telinga kemasukan air juga bisa anda lakukan hanya dengan menggunakan telapak tangan anda sendiri, caranya cukup menutup telinga anda secara rapat dengan telapak tangan anda sendiri kemudian goyangkan secara perlahan tangan anda keatas dan kebawah

Menggunakan Cutton But
Cara terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan cutton but yang dimasukkan kedalam telinga secara perlahan, cutton but biasanya berguna untuk membersihkan telinga serta menyerap air yang ada di dalam bagian telinga.
Demikianlah cara mengatasi telinga kemasukan air dengan mudah, sebenarnya banyak cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengelurkan air yang terjebak didalam telinga, namun cara-cara diatas saya rasa sudah sangat ampuh jika dilakukan dengan benar, semoga dapat membatu.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *