Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi (Terbaik)

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi terbilang gampang-gampang susah, selaku orang tua kita harus jeli sekaligus berhati-hati dalam menjaga sibuah hati dalam berbagai masalah kesehatan tak terkecuali kesehatan kulit bayi. Sebab, kulit bayi sangat sensitif terhadap berbagai masalah kulit seperti biang keringat, Jika saat ini buah hati anda sedang terserang biang keringat alangkah baiknya anda terlebih dahulu memikirkan keamanan obat biang keringat untuk bayi tersebut sebelum memberikannya, dikarenakan bayi berbeda dengan orang dewasa yang sudah sedikit lebih kebal terhadap segala macam efek samping. Walaupun demikian tidak seharusnya anda membiarkan biang keringat yang hinggap pada bayi anda dibiarkan dikhawatirkan akan bertambah parah dan menyebar pada seluruh tubuh. Berikut ini cara yang tepat untuk menghilangkan biang keringat pada bayi.
cara menghilangkan biang keringat pada bayi
Contoh Biang Keringat Pada Bayi
caracantiksehat.com - Biang keringat merupakan kondisi dimana kulit tertumbuhi ruam merah kecil dan menonjol, biasanya ruam merah tersebut terasa gatal, menyengat bahkan perih. Jika anda sendiri pernah merasakan biang keringat pada waktu dewasa, bayangkanlah jika rasa tersebut dirasakan juga oleh bayi anda? yaps, sangat tidak mengenakkan hingga membuat bayi anda lebih rewel, dan setiap orang tua pastinya tidak tega terhadap kondisi yang dialami buah hatinya tersebut.

Penyebab Biang Keringat Pada Bayi

Sebelum anda mengetahui penanganan yang tepat dan aman dalam menghilangkan biang keringat pada bayi, alangkah baiknya anda mengenal terlebih dahulu faktor penyebab biang keringat pada buah hati anda, berikut lengkapnya.
  1. Cuaca : Suhu cuaca yang panas dan lembab biasanya menjadi faktor penyebab utama munculnya biang keringat pada bayi anda.
  2. Kepanasan : Orang tua biasanya memberikan selimut yang berlebihan terhadap bayinya, alasannya tak lain takut buah hatinya masuk angin atau kedinginan hingga memberikan selimut yang berlebihan, padahal kulit bayi yang kepanasan akan menimbulkan biang keringat.
  3. Keringat Tertahan : Banyak ayah dan bunda yang tidak mengetahui bahwa bayi yang baru lahir kelenjar keringatnya belum berkembang dengan sempurna sehingga keringat yang akan keluar tertahan dibalik kulit dan memicu biang keringat pada kulit tersebut, terlebih jika sedang mengalami demam.
  4. Pakaian terlalu ketat : Banyak kasus yang mengatakan bahwa biang keringat juga dapat disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat.

Jenis Biang Keringat 

  • Miliaria Kristalina : Biang keringat yang terjadi pada bagian atas kulit ini berbentuk gelembung kecil dan memiliki cairan yang jernih menyerupai air, dan biasanya ada pada bagian dahi, dada, punggung, dan leher.
  • Miliaria Rubra : Merupakan jenis biang keringat yang ada pada bagian tengah kulit dan tersebar pada seluruh tubuh atau berkelompok pada bagian tubuh tertentu, jenis biang keringat inilah yang sering sekali menyerang anak dan bayi anda, keluhannya adalah rasa gatal dan perih disaat berkeringat.
  • Miliara Profunda : Biang keringat yang ada pada lapisan kulit bagian dalam, berbentuk bintil-bintil atau ruam berwarna putih, namun tidak gatal maupun perih.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

Berikut langkah tepat dan aman untuk menghilangkan biang keringat yang menyerang kulit bayi anda, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi.

Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya tidak hanya menjadi tanaman herbal yang berkhasiat untuk rambut, namun kandungan zat alami yang ada di dalam lidah buaya juga menjadi solusi yang efektif dan aman untuk menghilangkan biang keringat, Caranya cukup mudah cukup menyiapkan gel lidah biaya kemudian oleskan pada kulit yang terserang biang keringat, selain dapat menghilangkan ruam pada bayi lidah buaya juga memberikan efek dingin pada kulit bayi, sehingga bayi merasa lebih nyaman dan tidak mudah nangis.


Tepung Kanji / Tapioka
Tepung kanji atau tepung tapioka sangat efektif dalam memberikan rasa dingin pada sibuah hati, tidak hanya dapat mengobati biang keringat, tepung kanji juga dapat digunakan sebagai cara pencegahannya, baluri kulit yang tertumbuhi biang keringat dengan kanji namun pastikan terlebih dahulu bahwa bayi anda sudah dimandikan dan dikeringkan.

Menggunakan MaduSiapa yang tidak mengenal madu? yap, cairan kental ini terkenal dengan sejuta manfaat didalamnya, tak terkecuali dapat menghilangkan biang keringat yang menyerang bayi, caranya tidak berbeda juah dengan yang lain yaitu cukup mengoleskannya pada bintik kecil yang diakibatkan biang keringat. apakah madu aman untuk kulit si kecil? tentu saja iya, namun yang perlu anda perhatikan adalah keaslian madu tersebut.

Minyak TelonHampir semua ibu yang mau melahirkan sudah menyiapkan minyak telon, sebab minyak merupakan minyak kelapa yang mempunyai khasiat yang sangat tinggi, selain itu minyak telon juga dapat digunakan sebagai pemusnah ruam biang keringat, fungsinya agar bayi tidak merasakan panas yang disebabkan oleh biang keringat, penggunaannya cukup mengoleskan minyak tersebut pada seluruh tubuh bayi.

Menggunakan Es Batu
Tidak susah mencari bahan yang satu ini, bahkan dirumah anda sendiri saya yakin miliki kulkas untuk membuat es batu, pembuatannya yang simple dan mudah menjadi nilai plus untuk dicoba, terlepas dari hal tersebut banyak manfaat yang dapat anda peroleh dari es batu, salah satunya sebagai penghilang ruam biang keringat, caranya cukup menggosokkan es batu halus pada tubuh bayi anda.

Daun Tembelekan
Pengobatan secara alami paling terkenal sejak dan paling efektif dalam mengatasi biang keringat pada si buah hati yaitu daun tembelekan, daun tersebut memiliki rasa pahit dan kurang sedap, namun manfaat dari daun tembelekan sungguh menakjubkan dan memberikan rasa sejuk, nyaman dan mengurangi rasa gatal, caranya dengan merebus daun tembelekan secukupnya, kemudian air rebusan tersebut dibasuhkan selagi hangat pada kulit bayi.
Demikianlah cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang bisa orang tua coba, cara tersebut sudah tebukti aman dan sangat efektif mengatasi penyakit kulit seperti biang keringat.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *