Fungsi Vitamin D Dan Peranan Bagi Tubuh

Vitamin D merupakan grup dari vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Nama lain dari vitamin D ini ialah Kalsiferol yang merupakan salah satu vitamin dan mungkin satu-satunya yang dihasilkan langsung oleh tubuh. Saat terkena paparan sinar matahari, senyawa berupa precursor 7-dehidrokolesterol akan berubah menjadi senyawa kimia kolekalsiferol. Nah senyawa inilah yang akhirnya diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bahan aktif dari Vitamin D didalam tubuh.

Vitamin D sangat berperan penting didalam pembentukan struktur tulang dan juga gigi. Dan untuk menunjang hal tersebut, mungkin anda juga ingin mengetahui apa saja makanan berupa buah serta sayur yang kaya akan vitamin yang dimaksud. Beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan Vitamin D diantaranya : Buah Jeruk, Tomat, Brokoli, Stroberi dan masih banyak lagi jenis sayuran hijau lainnya.
Fungsi Vitamin D Dan Peranan Bagi Tubuh
Beberapa Bentuk Vitamin D
Vitamin D merupakan turunan dari molekul steroid yang juga termasuk turunan dari kolesterol. Dan vitamin ini terbagi dalam dua bentuk yaitu Vitamin D2 serta Vitamin D3. Vitamin D2 yang juga dikenal dengan ergokalsiferol berasal dari turunan senyawa kolesterol yang banyak didapat pada ragi serta tanaman. Sedangkan Vitamin D3 atau Kolekalsiferol berasal dari turunan senyawa 7-dehidrokolesterol yang banyak didapat pada kulit manusia. Pada organ ginjal, Vitamin D dikompersi menjadi bentuk aktif berupa 1,25-dihydroxycholecalciferol. Dan aktivasi vitamin D ini dilakukan oleh hormone paratiroid.

Nah yang jadi pertanyaan disini ialah mengenai apa saja fungsi serta peranan Vitamin D bagi tubuh? Oleh karena itu, dibawah ini kami sudah merangkum sedikit penjelasan yang mungkin bisa membantu. Penasaran? Yuk lanjut saja membacanya!

Pembentukan Struktur Tulang Dan Gigi
Didalam tubuh, Vitamin D mampu meningkatkan absorbsi kalsium dialam system pencernaan. Sehingga kemampuan ini mendukung kepadatan tulang serta gigi. Jika terjadi defisiensi atau kekurangan vitamin D, Maka ada kemungkinan tubuh akan mengalami gangguan penyakit seperti : Osteoporosis (pengeroposan tulang).

Menguatkan Sistem Imun
Jika anda tidak begitu familiar dengan imun, mungkin makna lain dari hal tersebut ialah menguatkan system kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Fungsi vitamin D ini tidak main-main, sebab dalam kemampuannya, Vitamin D terbilang sangat ikut andil dalam menjaga ketahanan tubuh tersebut.

Mencegah Beberapa Jenis Penyakit
Jika terjadi kekurangan atau defisensi Vitamin D seperti yang sudah kami sebutkan diatas, Maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan kesehatan diantaranya : Kanker (kanker payudara, kanker kulit dll), Diabetes, Hipertensi (tekanan darah tinggi), berbagai jenis penyakit jantung, osteopenia dan juga kanker endometrium (kanker rahim).

Sumber atau penghasil utama Vitamin D ialah kulit yang terkena paparan sinar matahari langsung atau Ultraviolet. Didalam tubuh, Vitamin D akan disimpan dalam jaringan lemak dalam bentuk yang tidak aktif tentunya setelah dilakukan penyerapan usus dengan bantuan senyawa garam empedu.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *