Resep Obat Tradisional Untuk Atasi Asam Urat

Resep Obat Herbal Untuk Atasi Asam Urat - Obat alami dan tradisional bagi penyakit asam urat sangat banyak sekali jenisnya. Sehingga sobat tidak perlu kebingungan dalam mencari referensi untuk mendapat resep sederhana tersebut. Dari berbagai sumber di media internet, disini kami akan merangkum kembali menjadi sebuah artikel yang mungkin saja bisa membantu sobat dalam menyelesaikan masalah dan tentunya juga menjadi salah satu acuan untuk mencari ilmu di bidang pengobatan alami yang lebih aman.

Kembali pada topik bahasan, penyakit asam urat merupakan dampak dari terlalu banyak mengkinsumsi zat purin. Sehingga secara tidak langsung akan mengolah zat tersebur menjadi asam urat. Jika kadar asam urat berlebih, maka organ ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga akan menumpuk dan mengkristal di persendian. Akibat langsung yang dirasakan biasanya akan terasa nyeri pada sendi dan terjadi bengkak atau peradangan. Zat purin merupakan sisa metabolisme dari makanan yang kita konsumsi, dan pada setiap makhluk hidup terdapat purin. Salah satu contohnya ialah pada hewan yang kita makan serta sayur sehingga secara tidak langsung zat purin tersebut berpindah pada tubuh kita.

Resep Herbal Untuk Atasi Asam Urat
Penyakit asam urat bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor. dan resiko terbesar biasanya dialami oleh orang yang sudah usia lanjut. Namun ada hal lain juga yang mampu memicu terjadinya asam urat pada tubuh kita. Contoh :
  1. Pola atau gaya hidup yang tidak sehat. Dalam hal ini kita jarang sekali memperhatikan kandungan yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi. Dengan mengkonsumsi bahan pangan yang tinggi zat purin, dan sering mengkonsumsi minuman beralkohol maka ada kemungkinan akan menaikkan kadar asam urat dalam darah.
  2. Kondisi medis atau kesehatan yang lemah karena asam urat juga sering dikaitkan dengan hipertensi, diabetes, dan hiperkolesterol.
  3. Faktor genetik : Asam urat juga bisa juga diakibatkan oleh orang yang mempunyai riwayat keluarga terjangkit asam urat.
  4. Usia dan Jenis kelamin : Kenapa demikian, selain usia yang terus bertambah, penelitian membuktikan bahwa mayoritas pengidap asam urat adalah laki-laki. Sedangkan untuk wanita, hanya golongan tertentu dan pada usia yang sudah mencapai menupouse saja.
  5. Pemakaian obat-obatan kimia : salah satu faktor pemicu asam urat ialah penggunaan obat yang tidak tepat. Jadi alangkah baiknya jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sehingga resep yang diberikan lebih tepat dengan keadaan medis sobat.
Bagi penderita asam urat, banyak sekali pantangan yang harus diperhatikan. salah satunya ialah dalam menjaga pola makan serta dengan pemilihan menu yang tepat. Apa saja sih makananan yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang terkena asam urat? Mungkin jawaban dibawah ini bisa membantu sobat untuk lebih berhai-hati dalam memilih menu makanan.

Pantangan makanan untuk penderita asam urat :
  1. Sumber makanan yang berasal dari sungai, bebeberapa contohnya ialah : Lele, belut, keong, kejing, dan kepiting.
  2. Makanan instan (sudah diawetkan) : kornet, sarden, abon, dendeng dan daging
  3. Daging kambing, sapi, kerbau, kuda, bebek, Angsa, Kalkun, Babi, Unggas (burung), Jeroan seperti paru-paru, otak, hati, limpa, usus, dan ginjal serta babat.
  4. Makanan yang berasal dari laut : Udang, Cumi-cumi, Gurita, Kepiting, Kerang, Tiram, Teri dll.
  5. Bahan pangan dari kacang-kacangan : olahan kedelai (mudahnya tahu dan tempe), kacang tanah, kacang hijau dan melinjo.
  6. Jenis sayur : Kol, buncis, jamur, daun singkong, kangkung, daun pepaya, dll.
  7. Buah seperti nanas, durian, dan air kelapa (bersantan).
Intinya dari beberapa jenis pantangan diatas, sobat diminta untuk menghindari makanan yang kaya akan kandungan lemak dan juga protein. Contoh olahan makanan yang perlu juga dihindari ialah eskrim dan kuah dengan kaldu yang kental.

Nah bagaimana cara agar asam urat tidak kambuh? Berikut ini sudah kami lampirkan tips sederhana yang bisa sobat ikuti agar tubuh lebih sehat serta terhindar dari serangan asam urat.
  1. Usahakan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan potassium seperti tomat, yogurt dan pisang. Sebisa mungkin hindari yang memicu asam urat naik seperti yang sudah kami sebutkan diatas.
  2. Konsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin C pada buah, serta nasi dan ikan seperti daging ayam, telur, keju dan susu.
  3. Hindari penggunaan obat-obatan kimia seperti aspirin dll.
  4. Jaga tubuh agar tidak terlalu lelah dan perbanyak minum air putih.
  5. Pada orang gemuk biasanya lebih besar resiko terkena asam urat, jadi disarankan untuk segeran diet dan menurunkan berat badan dengan rajin berolah raga.
Mungkin keterangan diatas bisa sedikit membantu. Dan apa saja Resep Herbal Untuk Atasi Asam Urat? Inilah artikel topik yang sobat cari. Sebenarnya ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dijadikan obat asam urat. Dan kali ini kami hanya akan menyebutkan beberapa saja, sebab jika dibahas panjang lebar, mungkin artikel ini tidak selesai-selesai. Jadi kami ambil pokoknya saja.

Daftar Resep Obat Herbal Alami Untuk Asam urat ialah :
  1. Kumis kucing : Bahan yang satu ini memang sudah umum digunakan untuk jamu tradisional. Kemampuannya yang bersifat diuretik (melancarkan saluran kemih) sangat ampuh untuk mengurangi kadar asam urat pada darah yang kemudian dibuang bersamaan dengan air seni. Cara menggunakan sangatlah mudah : Sediakan 1 genggam kumis kucing kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum selagi hangat 2x sehari sebanyak 1 gelas / perkonsumsi.
  2. Sambiloto : Tanaman obat yang satu ini mempunyai rasa yang sangat pahit dan pekat, dengan hanya 1 genggam daunnya saja, maka mungkin kita enggan untuk mengkonsumsinya lagi. Tapi guna untuk pengobatan, maka cukup ambil 1 genggam daun sambiloto kemudian direbus dengan 1 gelas air. saring kemudian diminum 1x sehari secara rutin.
  3. Jahe : Rimpang yang satu ini ampuh untuk mengatasi segala jenis penyakit tak terkecuali asam urat. Penggunaan untuk herbal asam urat, cukup geprek jahe yang sudah dikupas secukupnya kemudian diseduh dengan air mendidih. Minum selagi hangat.
  4. Anting-Anting : Rumput liar berkhasiat obat ini juga terbilang sangat mujarab, pemakaian hanya dengan menyiapkan 1 batang anting-anting utuh. Kemudian cuci dan rebus dengan air secukupnya. Munum 2x sehari pagi dan sore.
  5. Cengkeh : Obat ini digunakan sebagai olesan, racikan yang dibutuhkan yaitu cengkeh dan jahe seckupnya, haluskan kemudian oleskan pada area yang bengkak. jahe disini untuk memberi efek hangat dan meringankan rasa nyeri.
  6. Daun salam : Bumbu dapur yang satu ini berkhasiat untuk mengobati komplikasi yang berkaitan dengan asam urat. Penggunaan bisa dilakukan sewajarnya yaitu dijadikan bumbu rempah pada masakan.
  7. Kulit Manggis : Selain daging buah yang mempunyai rasa segar, kulit buah manggis bisa juga digunakan untuk obat tradisional yang berfungsi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.  Cara pembuatan cukup dengan mengeringkan kulit buah kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Sedangkan penggunaan cukup seduh 1 sdm makan dengan 1/4 gelas air mendidih. Lakukan secara rutin dan minum 1x sehari.
  8. Akar pepaya Gantung (Kates Rambei : Madura) : Bahan ini dicampur dengan 2 ibu jari lengkuas dengan ukuran akar 5 potong (secukupnya). Geprek dan rebus bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih. saring dan ramuan bisa diminum 2x sehari.
Demikianlah artikel mengenai Resep Obat Herbal Untuk Atasi Asam Urat. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan! 
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *