Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Paling Tepat Dan Aman

Cara mengatasi cegukan pada bayi rupanya tidak terlalu sulit, namun bagi anda yang kurang paham cara mengobatinya biasanya menjadi bingung dan khawatir apalagi cegukan itu diderita oleh bayi yang berumur bulanan atau bisa dikatakan bayi yang baru lahir, nah oleh karenanya saya memberikan tips ini agar bayi anda dapat beristirahat dengan tenang dan terbebas dari cegukan. Lalu bagaimana saja tipsnya? simak ulasannya dulu berikut ini.
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi
Illustrasi cegukan pada bayi
caracantiksehat.com - Cegukan adalah keluarnya suara 'he'e atau hik' tiba-tiba yang dipicu oleh menutupnya pita suara dikarnakan ada kontraksi pada diafragma. Diafragma merupakan membran otot pemisah antar perut dan rongga dada, Jika anda seorang penyanyi atau sedang belajar bernyanyi anda pasti tidak asing lagi dengan diafragma. Cegukan sendiri tidak pernah mengenal usia, dari orang dewasa, remaja, anak, bahkan bayipun dapat terkena cegukan. Secara umum cegukan hanya berlangsung beberapa menit saja namun dalam beberapa kasus cegukan tersebut berlangsung lama.

Faktor Penyebab Cegukan Pada Bayi

Selaku orang tua anda harus memahami beberapa faktor penyebab berikut:
  1. Kedinginan : Faktor penyebab bayi cegukan dapat disebabkan oleh tubuh bayi yang kurang hangat atau dengan kata lain yaitu kedinginan sehabis mandi.
  2. Posisi Menyusui: Banyak yang kurang memahami tentang posisi yang benar apalagi disaat menyusui, yang paling penting dalam menyusui yaitu puting tersebut harus masuk semua kedalam mulut bayi.
  3. Makan : Saat memberi makan anak atau bayi juga dapat menyebabkan cegukan.
  4. Dll.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Nah bagi anda selaku orang tua yang ingin segera menghilangkan atau mengobati cegukan dengan cepat pada bayi anda dengan aman, berikut tips yang bisa anda lakukan antara lain:
  1. Menepuk Punggung Bayi : Hal pertama yang bisa anda coba adalah dengan menepuk-nepuk punggung sang buah hati, caranya gendong si buah hati letakkan pada pundak, jadi posisi bayi tersebut seperti berdiri, tepuk-tepuk punggungnya namun ingat janganlah terlalu keras juga jangan pula terlalu lembut, biasanya setelah ditepuk bayi akan mengalami sendawa dan cegukanpun akan hilang.
  2. Ganti Posisi Menyusui : Ketika ibu menyusui terkadang angin juga masuk kedalam mulut, hal ini karena puting ibu kurang tepat masuk kedalam mulut terlebih ketika bunda tergesa-gesa ingin menyusuinya, untuk menghindarinya anda dapat perlahan-lahan memasukkan seluruh puting kedalam mulut bayi.
  3. Berikan Minuman Hangat : Selain dua hal diatas anda dapat menghilangkan cegukan bayi dengan memberinya susu atau air putih ini berlaku untuk bayi yang berumur 3 bulan keatas jika masih dibawah tiga bulan anda dapat mengistirahakannya saja.
  4. Dot Dengan Lubang Yang Besar : Jika bayi anda tidak diberi asi, untuk menghindari cegukan berikan dot yang lubangnya sedikit besar.
  5. Dll.
Sebenarnya banyak lagi Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang bisa anda lakukan namun cara diatas biasanya sudah cukup menghilangkan cegukan tersebut, dan seharusnya anda tidak perlu khawatir selama cegukan tersebut tidak berlangsung lama, namun ketika cara diatas tidaklah ampuh dan bayi masih cegukan dengan durasi yang lama, cobalah periksakan ke dokter. Semoga dapat terbantu.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *