Khasiat Bidara Dan Kandungan Gizi Didalamnya

Khasiat Bidara Dan Kandungan Gizi Didalamnya
Khasiat Bidara sudah tidak asing didengar oleh kalangan masyarakat pedesaaan. Umumnya tanaman ini diambil daunnya untuk kompres pada bayi disaat demam. Manfaat lainnya juga bisa didapat dari buah, karena pada buah ini tersimpan beberapa kandungan nutrisi yang menunjang kinerja beberapa organ tubuh yang salah satunya antioksidan berfungsi sebagai penguat sistem imun sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Bidara Atau Widara (Ziziphus mauritiana L.) adalah sejenis tanaman perdu kecil yang menghasilkan buah. Habitat hidupnya banyak ditemukan di ladang, sawah, pinggiran sungai dan juga tempat-tempat lain yang mempunyai kadar air sedikit. Intinya tumbuhan ini bisa hidup dengan baik meski didaerah kering. Diberbagai wilayah khususnya Indonesia, Widara dikenal dengan panggilan yang bervariasi. Seperti Madura mengenalnya dengan sebutan Bukkol, Kom/Kon (Timor), Kalangga (Sumba), Rangga (Bima), Dara (Jawa), dan mungkin masih banyak lagi ditempat yang berbeda.

Ciri-ciri tanaman Bidara yaitu berupa batang perdu kecil dengan banyak daun dan berduri. Daun ini letaknya berseling berbentuk bulat kecil. Berwarna hijau dan permukaannya sedikit bergelombang. Bunga serupa payung berbentuk garpu dan buah bulat buni (kecil) berwarna hijau ketika masih muda dan berubah kuning kecokelatan jika sudah matang. Rasa buah agak sedikit pekat sepat dan kecut.

Kenapa Bidara begitu banyak mempunyai manfaat?
Jika dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa kandungan gizi dan juga senyawa kimia alami pada buah daan daun bidara. Kandungan tersebut berupa Energi, Serat, Karbohidrat, Lemak, Mineral, Protein, Vitamin B1, B2, B3, Fosfor, Kalsium, dan Zat Besi. Nah dari kandungan inilah diperoleh manfaat yang memberi kebaikan bagi kesehatan maupun kecantikan.

Apa saja Manfaat Bidara Untuk Kesehatan?
Yuk kita lihat beberapa fungsi dan kegunaan dari bidara untuk tubuh berikut :
=> Mempercepat Penyembuhan Luka.
Dalam hal ini kita menggunakan daun yang dilumat atau dihaluskan. Selanjutnya bisa ditapalkan pada luka yang ingin disembuhkan. Untuk hasil maksimal bisa mengganti tapal tersebut sebanyak 2x sehari.

=> Mencegah Pengeroposan Tulang
Manfaat ini didukung oleh kandungan fosfor yang terdapat pada buah bidara. Selain menjaga kepadatan tulang, fosfor tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan gigi sehingga tidak mudah patah.

=> Mengobati Anemia
Anda pasti sudah tahu apa itu anemia. Gejala yang disebabkan bisa sangat fatal, seperti pusing, mata kunang-kunang dan lain sebagainya. Namun dengan mengkonsumsi jamu dari daun bidara, maka masalah tersebut bisa teratasi. Selain menjaga produksi hemoglobin, bidara juga baik untuk menstabilkan peredaran darah dalam tubuh yang terkait dengan pencegahan hipertensi.

=> Melancarkan Sistem Pencernaan.
Pastinya kita selalu mengalami masalah dengan sistem pencernaan kita. Entah itu maag, sembelit, gangguan lambung, usus, diare dsb. Dalam hal ini sangat baik untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu bidara juga bisa digunakan sebagai menu diet yang membantu mempercepat penurunan berat badan.

=> Menurunkan Demam
Bidara mempunyai kemampuan untuk meredam panas atau suhu tubuh yang relatif tinggi. Biasanya penggunaannya dengan cara menghaluskan daun dan menapalkan pada area atas kening. (pengganti kompres).

=> Sumber Antioksidan.
Sudah diketahui antioksidan merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh. Sama halnya dengan Vitamin C, antioksidan mampu menjaga sistem daya tahan tubuh khususnya dari radikal bebas seperti polusi, debu, dll.
Demikian ulasan seputar Khasiat Bidara Dan Kandungan Gizi Didalamnya. Sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya!
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *