12 Ciri-Ciri Terkena HIV AIDS Yang Perlu Anda Waspadai

Ciri-ciri orang terkena HIV memang sesegera mungkin untuk diketahui sebelum penyakit HIV berubah menjadi penyakit yag lebih ganas lagi yaitu penyakit AIDS. Pada stadium awal terkena HIV orang cenderung mengabaikan hal tersebut karena gejala yang ditimbulkan penyakit ini termasuk samar-samar saja seolah tidak terjadi apa-apa tetapi yang pasti anda tetap dapat membedakannya dengan mengetahui ciri ciri hiv itu sendiri, apa saja ciri-ciri hiv? simak ulasan berikut ini.
ciri-ciri terkena hiv
illustrasi gambar hiv aids
caracantiksehat.com - Sengaja saya hanya memasang gambar illustrasi terkena hiv sebab penyakit ini terkesan menjijikkan bagi sebagian orang dan takut untuk melihatnya. kembali ke topik utama. Saya yakin sebagian besar dari anda pasti sudah tidak asing dengan penyakit yang satu ini (HIV/AIDS) yaps, penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya bagi umat manusia, banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang sering sariawan, diare, badannya kurus, ruam kulit, dll.

Padahal untuk memastikan 100% adalah orang yang terkena hiv  hanya dapat dilakukan pemeriksaan khusus di sebuah laboratorium, Jika anda sendiri khawatir dan takut terkena penyakit hiv, anda dapat pergi kedokter dan meminta dokter untuk memeriksanya, namun sebelum itu anda mestinya tahu terlebih dahulu ciri-ciri orang yang terkena hiv baik wanita maupun pria yang bisa anda amati berikut ini.

Ciri Ciri Terkena HIV Beserta Gejalanya

Berikut ini merupakan gejala umum yang sering muncul pada orang yang terkena penyakit yang dapat berubah menjadi penyakit AIDS ini, Anda dapat mengamati dengan teliti supaya nantinya tidak salah dalam menilai orang tentang HIV/AIDS atau setidaknya anda dapat menduga anda sendiri terkena atau tidak.

1.Sering Demam
Salah satu ciri penyakit hiv yang pertama adalah sering demam atau demam yang berulang, hal tersebut dikarenakan respon tubuh dalam menghadapi setiap invasi benda asing atau infeksi yang masuk kedalam tubuh. Pada stadium awal terjangkit hiv, gejala demam berulang bahkan disertai flu selama kurang lebih 1 bulan hampir dipastikan terjadi, pada kondisi ini para ahli menyebutnya dengan ARS, retroviral akut atau bisa juga disebut infeksi HIV primer.

Respons tubuh terhadap infeksi tersebut dapat meningkatkan suhu tubuh. Akan tetapi suhu tubuh akibat terinfeksi hiv aids tidak menentu atau bisa disebut bervariasi mulai dari sedang hingga 28-39 derajat celsius. Kondisi ini juga dapat mengakibatkatkan pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan , sakit tenggotokan, mual, dll. tidak hanya itu saja virus hiv tersebut akan semakin merangsek kedalam aliran darah serta memperbanyak diri. Pada kondisi ini sistem kekebalan tubuh menurun signifikan dan menyebabkan pembengkakan.


2.Ruam Kulit
Ruam kulit merupakan gejala yang muncul ketika sistem imun menurun derastis yang diakibatkan gejala yang pertama tetapi tidak menutup kemungkinan ruam ini terjadi sebelum datangnya demam yang berulang, Hati-hatilah jika terkena ruam kulit yang berwarna coklat, merah muda dan keunguan bisa jadi anda terkena virus HIV namun sebelum anda menduga pastikan terlebih dahulu anda tidak bersentuhan dengan sesuatu yang membuat anda alergi atau pastikan juga anda tidak mengkonsumsi obat-obatan sebelumnya.

3.Membesarnya Kelenjar Getah Bening
Kelenjar getah bening adalah salah satu sistem kekebalan tubuh dan termasuk kedalam organ yang berfungsi menangani segala serangan dari luar, tak terkecuali virus hiv. sehingga sistem kekebalan ini juga sering terpengaruh apabila tubuh kita mengalami inflamasi atau infeksi. Tak terkecuali ketika tubuh terinfeksi virus hiv/aids yang membuat kelenjar getah bening meningkat. Namun jangan khawatir jika kelenjar getah bening di ketiak, leher, atau diselangkangan anda cepat mengempis akan tetapi sebaliknya jika pembengkakan tersebut terkesan lama, maka sebaiknya anda segera periksa ke dokter karena bisa jadi merupakan ciri terinfeksi hiv/aids.

4.Lelah Tidak Jelas
Kelelahan yang sering terjadi tanpa alasan yang jelas, bahkan tanpa melakukan aktifitas apapun tidak boleh anda anggap enteng sebab gejala ini juga termasuk kedalam ciri hiv. Kelelahan disebut juga dengan kelelahan kronis. Biasanya, hal ini terjadi karena virus hiv terus menerus melemahkan kekebalan tubuh tak terkecuali stamina yang terasa terkuras.

5.Diare Berminggu-Minggu
Salah satu yang juga ciri umum ketika tubuh mulai terjangkit virus hiv adalah diare, berbeda dengan diare karena alasan lainnya, diare karena terkena hiv berlangsung cukup lama walaupun sudah mencoba berobat, bahkan hal tersebut dapat berlangsung berminggu-minggu. Jika demikian waspadai dan segeralah periksalah pada yang ahli.

6.Kurus
Secara fisik ciri orang yang terkena hiv juga dapat dilihat dengan penurunan berat badan yang semakin parah, hal ini diakibatkan oleh diare dengan jangka waktu yang lama, serta kerusakan pada sistem kekebalan tubuh yang sudah mulai parah, jika demikian besar dugaan bahwa anda sudah terjangkit penyakit hiv.


Ciri Ciri Umum Terkena Virus Hiv/Aids Lainnya

  1. Nyeri Otot : biasanya bersamaan dengan kelenjar getah bening
  2. Sakit Kepala Taktertahan : Pada kondisi ini juga wajib diwaspadai
  3. Pneumonia : Sesak nafas, demam, badan menjdai kurus, flu bisa juga diakibatkan oleh HIV/aids
  4. Keringat Malam Hari : Keringat tanpa alasan pada malam hari juga tidak bisa dianggap sepele
  5. Infeksi jamur : Melemahnya sistem kekebalan tubuh akan memudahkan orang tersebut terinfeksi tak terkecuali jamur
  6. Depresi : Pada umumnya gejala ini terjadi pada hiv tingkat lanjut tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada hiv dini.
Demikianlah Ciri-Ciri Terkena HIV AIDS yang sebaiknya anda tau, baik untuk anda sendiri maupun orang lain diwaktu yang lain.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *