Cara Menghilangkan Lemas Saat Puasa

Cara menghilangkan lemas saat puasa memang tidaklah wajib ataupun sunnah namun saat tubuh lemas atau lesu saat berpuasa itu dapat menimbulakan masalah baru seperti tergoda berhenti berpuasa, konsentrasi terganggu, bahkan dapat mengacauan aktifitas yang sedang anda kerjakan.
cara menghilangkan lemas saat puasa
image credit by google
caracantiksehat.com - Bagi umat islam sebentar lagi kita akan mengahadapi bulan ramadhan dimana bulan yang penuh berkah dan semua amal ibadah yang kita kerjakan akan dilipat gandakan dibulan ini, Permasalahan yang sering terjadi ketika kita berpuasa adalah tubuh menjadi lemas bagi sebagian orang sehingga ibadah dan aktifitas yang sedang kita jalani terganggu.

Berpuasa yakni menahan nafsu, lapar maupun haus selama sepanjang hari hinggi bedug magrib menyambut, tetapi yang perlu anda sadari bahwa hal tersebut bukanlah alasan membuat anda bermalas-malasan dalam beraktifitas maupun beribadah mendapatkan pahala.


Cara Menghilangkan Lemas Saat Puasa

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa gangguan yang sering mengganggu kita saat berpuasa adalah rasa lemas atau lesu, oleh karenanya berikut saya memberi tips yang dapat mengatasi lemas saat berpuasa sehingga ibadah anda lebih sempurna, caranya sbb :

1. Atur Waktu Tidur Anda
Banyak yang bilang bahwa tidur lebih baik dari pada ngomongin orang saat berpuasa, hal tersebut benar adanya akan tetapi tidak baik juga jika anda tidur sepanjang hari, atau seharian penuh. Begitu pula ketika kita kurang tidur pasti puasa anda akan terganggu karena tubuh akan terasa lemas, lelah dan kurang bergairah melakukan sesuatu. Saya anjurkan untuk tidur setelah tadarus atau sekitar jam 9-10 yang bertujuan bangun pada saat sahur, kemudian siang harinya anda direkomendasikan tidur juga pada saat siang hari walaupun hanya 1 s/d 2 jam, agar kondisi tubuh lebih normal.

2. Perbanyak Buah-buahan 
Salah satu penyebab lemas saat berpuasa salah satunya adalah turunnya gula darah dalam tubuh sehingga tubuh kita seakan mengalami kelelahan dan lemas, untuk itu kita harus menyiapkan sesuatu yang membuat glukosa dan glikogen tetap terjaga dimana glukosa dan glikogen merupakan sumber tenaga tubuh. Untuk itu kita disarankan mengkonsumsi buah-buahan serta sayur atau makanan yang tinggi serat terlebih ketika sahur.

3. Perbanyak Minum 
Dehidrasi saat berpuasa biasanya juga tidak dapat dihindarkan, untuk menyiasati hal tersebut kita kita dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih minimal 10 gelas dari awal buka hingga imsak tiba, dengan demikian dehidrasi pada siang harinya dapat dinetralisir.

4. Semangat Menjalankan Puasa
Semangat juga dapat menjadi faktor penting dalam menjalankan ibadah, dengan bersemangat melakukan ibadah maupun aktifitas, terkadang rasa lelah dan lapar akan terlupakan dengan sendirinya.
Menjalankan bulan puasa ramadhan juga baik selain dapat mendapatkan pahala yang melimpah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat menurunkan berat badan bagi anda yang sedang kelebihan berat badan😃 jadi tetap semangat ya puasanya.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *