Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan sangatlah luar biasa, tak hanya ditinjau dari keagamaan banyak juga penelitian yang telah membuktikannya sendiri akan khasiat maupun manfaat dari puasa, baik itu puasa ramadhan maupun puasa senin kamis. dan berikut telah kami rangkum manfaatnya berikut penjelasan singkatnya dibawah ini.
Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh

caracantiksehat.com - Memasuki bulan ramadhan banyak orang-orang muslim yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala, tak hanya itu saja tak sedikit orang yang sudah memahami manfaat puasa ramadhan terhadap kesehatan tubuh sehingga mereka tekun dalam menjalankan ibadah tersebut. Ditinjau dari penelitian abstrak yang dilansir oleh Medline serta jurnal-jurnal islam pada tahun 1960-2009. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.


Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, puasa pada bulan ramadhan merupakan suatu kewajiban bagi orang yang telah akil balik untuk berpuasa 1 bulan penuh jadi keberkahan pada bulan ramadhan ini tidak dapat diragukan lagi akan kebenarannya dan berikut manfaat yang dapat diperoleh ketika anda menjalankan puasa ramadhan.

Baik untuk kesehatan jantung
Penyakit jantung bukanlah penyakit yang langka, melainkan penyakit umum yang dapat diderita siapa saja dan penyakit ini tergolong penyakit yang cukup ditakuti oleh kebanyakan orang diberbagai penjuru dunia, tak terkecuali dinegara kita ini dari tahun ketahun jumlah orang yang terkena penyakit jantung semakin meningkat, intinya saat ini penyakit jantung menjadi ancaman serius dan mutlak untuk dihindari. Manfaat yang pertama yang bisa anda peroleh dari manfaat berpuasa adalah baik untu kesehatan jantung maupun memperlancar pembuluh darah, karena ketika kita berpuasa tubuh akan melakukan peningkatan HDL serta penurunan pada LDL.
Mencegah Penyakit Kronis
Penyakit kronis adalah penyakit yang diderita seseorang dengan waktu yang lama atau bisa juga seumur hidup hal ini menyebabkan tak seorangpun yang mau menderit penyakit kronis. Kita tentunya pernah mendengar bahwa psikologi yang tenang dapat mencegah penyakit kronis. Dalam berpuasa kita tak hanya dituntut untuk menahan haus dan lapar melainkan juga dituntut untuk menahan amarah hal tersebut akan menyebabkan seseorang lebih tenang, Secara medis kondisi tersebut dapat menurunkan kadar adrenalain dalam tubuh, sehingga pembentukan kolesterol serta kontraksi empedu dapat dicegah secara alami hal ini menurunkan resiko penyakit berbahaya diantaranya jantung koroner, stroke, dll.

Mengurangi Berat Badan
Selain dapat dijadikan alternatif diet yang cukup efektif dan telah terbukti secara ilmiah, puasa ramadhan dapat membersihkan usus-usus dari sisa-sisa endapan makanan penyebab lemak belebih yang menjadikan tubuh kita lebih terjaga dari penyakit kegemukan, selain itu berpuasa pada bulan ramadhan juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dengan sempurna.


Menjaga Kesehatan Ginjal
Fungsi ginjal berperan sangat vital bagi manusia dimana organ ini merupakan penyaring dari zat bebahaya yang kita minum atau makan, Dengan melakukan puasa, baik itu puasa ramadhan maupun puasa senin kamis dapat membantu ginjal untuk memaksimalkan pekerjaannya, jika anda bertanya alasannya, alasannya adalah ginjal dapat berfungsi secara maksimal ketika kekuatan osmosis urin mencapai 1000 hingga 12.000 ml osmosis/kg. air, salah satu caranya adalah mengurangi konsumsi air, dengan berpuasa asupan air yang dikonsumsi pada siang hari dapat dikurangi.

Mencegah Diabetes
Ibarat sebuah pepatah bahwa sesuatu yang berlebihan juga tidak baik, hal tersebut terbukti ketika kita kelebihan kadar nutrisi, sebab akan meningkatkan resiko obesitas hiperkolesterol serta penyakit yang cukup berbahaya dan umum yaitu diabetes. Penyakit-penyakit tersebut dapat dipicu oleh kadar gula dan kolesterol yang berlebih. Dengan anda berpuasa konsumsi gula serta makanan yang menghasilkan lemak dapat terkontrol kondisi ini dapat menjaga keseimbangan gula serta kolesterol.

Kreatifitas Meningkat
University Of Chicago pernah melakukan penelitian terhadap para mahasiswanya dimana para mahasiswa tersebut dituntut untuk berpuasa selama seminggu, terbukti dengan cara tersebut para mahasiswa yang berpuasa mendapat nilai yang memuaskan, setelah diteliti puasa tersebut akan menjaga kewaspadaan dan mental yang meningkat. Kesimpulan dari puasa tersebut adalah pola fikir mereka menjdai lebih tenang dan kreatifitas menjadi lebih tajam.


Adapun manfaat puasa lainnya antara lain :

  1. Menjaga keseimbangan anabolisme dan katabolisme
  2. Menjaga kesehatan ibu hamil
  3. Mencegah gondok
  4. Memperbaiki sel dalam tubuh
  5. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh
  6. Berbagai hormon dapat menurun
  7. Dll
Itulah Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh yang diketahui secara ilmiah untuk saat ini masih banyak lagi khasiat dari puasa bagi kesehatan yang masih belum terungkap.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *