10 Cara Mengobati Luka Memar Dan Bengkak Dengan Cepat

Cara mengobati luka memar dan bengkak sebaiknya dilakukan sejak dini sebab dapat meninggalkan tanda yang kurang enak dilihat. Biasanya luka memar dan bengkak bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti kecelakaan, terjatuh, benturan, terkena pukulan, Dll. selain rasa sakit yang lumayan lama, luka memar dan bengkak jika tidak segera dihilangkan dapat meninggalkan bekas dipermukaan kulit, berikut saya bahas cara mengobatinya.
Cara Mengobati Luka Memar Dan Bengkak
illustrasi luka memar dan bengkak
caracantiksehat.com - Luka memar dan bengkak adalah tanda rusaknya sel-sel jaringan pada tubuh kita yang dapat diakibatkan oleh banyak hal seperti yang saya sebutkan sebelumnya, pada kondisi ini darah akan membeku dan kesulitan mengalir sehingga tampak terlihat luka didalam kulit, jika dibiarkan terlalu lama rasa sakit serta bekas yang ditimbulkannya akan sangat sulit dihilangkan.

Cara Mengobati Luka Memar Dan Bengkak

Bagi anda yang sedang mencari cara mengobati luka memar dan bengkak dengan cepat, sebaiknya ikuti tips berikut sesegera mungkin.

1.Menggunakan Es Batu
Es batu merupakan cara paling mudah yang dapat anda lakukan jika anda mengalami luka memar himgga membengkak, walaupun terkesan mudah, es batu sudah sangat terkenal diseluruh dunia dapat dengan cepat mencegah dan memperlancar aliran darah yang telah beku akibat benturan, jika anda pernah menonton olahraga seperti sepakbola maupun tinju, pasti tim medis tidak akan lupa dalam menyiapkan es batu hal ini sudah jelas bahwa es batu sangat efektif dalam mengatasi luka memar dan bengkak.

2.Mengompres Dengan Air Hangat
Selain mengompres dengan es batu, cara lain yaitu mengompres dengan air hangat, manfaatnyapun tidak jauh berbeda dengan mengompres luka memar dan bengkak dengan es batu, yaitu dapat memperlancar aliran darah yang telah menmbeku secara maksimal, caranya cukup simple yaitu cukup siapkan handuk kecil yang telah dicelupkan kedalam air hangat kuku, setelah itu usap secara perlahan, lakukan secara teratur.

3.Menggunakan Daun Sirih
Daun sirih merupakan bahan alami yang mengandung banyak sekali manfaat salah satunya mampu mengobati luka memar dan bengkak secara cepat, caranya dengan menghangatkan terlebih dahulu daun sirih segar yang telah diperoleh, boleh ditahuh diatas api (usahakan jangan sampai hangus) kemudian tempelkan pada luka memer tersebut, tekan secara perlahan berkali-kali hingga sakit dan bengkak berkurang, jika anda melakukannya dengan benar dan teratur luka yang anda derita akan lekas sembuh dengan sendirinya.

4.Menggunakan Cuka Apel
Cuka apel merupakan bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai alternatif dalam menyembuhkan luka terutama luka memar yang diiringi bengkak, caranya mencampurkan cuka apel dengan air hangat, kemudian kompres sembari menekan luka tersebut secara perlahan.

5.Kompres Menggunakan Nanas
Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini, selain enak untuk dimakan ternyata nanas juga dapat mengobati luka memar, hal ini dikarenakan oleh kandungan enzim bromelain yang ada didalamnya sehingga mempercepat proses penyembuhan, caranya yaitu dengan memarut nanas kemudian menempelkannya pada luka memar tersebut.

6.Menggunakan Kunyit
Siapa yang menyangka salah satu bahan rempah yang satu ini mampu mengobati serta menyamarkan luka memar yang sedang anda alami tidak hanya itu, kandungan yang ada didalamnya dapat meringankan rasa sakit atau nyeri akibat benturan. Caranya sama dengan menggunakan nanas yaitu dengan cara menempelkan kunyit yang telah diparut beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat.

7.Menggunakan Beras Dan Kencur
Salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam menyembuhkan memar yaitu beras dan kencur, selain mudah didapatkan penggunaan beras dan kencur untuk tangan, wajah, kaki, dan bagian tubuh lainnya terkesan aman dan efektif, caranya cukup siapkan beras dan kencur yang telah di tumbuk aduk kedalam wadah bersama sedikit air, oleskan ke luka memar anda.

8.Menggunakan Pacar Air
Mungkin Sebagian dari anda tidak mengira bahwa pacar air mampu menyamarkan bahkan mengobati memar akibat benturan, untuk caranya tidak jauh berbeda dengan cara diatas yaitu menyiapkan daun pacar air yang sudah dihaluskan baik di tumbuk maupun diblender kemudian oleskan disekitar luka.

9.Perbanyak Vitamin K
Apabila luka memar dan bengkak anda terkesan lama anda biarkan begitu saja maka kemungkinan besar tubuh anda mengalami kekurangan vitamin K, sebagai cara menanggulanginya anda dapat mengkonsumsi brokoli, mentimun, selada, tomat dll. karena sayur mayur tersebut kaya akan vitamin K.

10.Urut Atau Menggunakan Salep
Salah satu cara yang cukup populer hingga saat ini untuk mengobati luka mememar dan bengkak dengan cepat tidak lain yaitu diurut kepada ahlinya, namun terkadang sebagian orang takut untuk diurut dan memilih menggunakan salep, tapi jangan khawatir kedua cara tersebut ampuh dalam mengatasi memar dan bengkak karena mempunyai manfaat yang sama


Demikianlah cara mengobati luka memar dan bengkak yang bisa anda coba sendiri dirumah, dengan atau tanpa bantuan orang lain, tanpa khawatir menimbulkan efek samping, sebab sudah terbukti aman.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *