10 Penyebab Dan Cara Mengatasi Emosi Yang Tidak Stabil

Penyebab dan cara mengatasi emosi yang tidak stabil - Semua orang yang hidup di dunia ini pastinya memiliki emosi baik pria maupun wanita, namun taukah anda bahwa tak sedikit orang yang memiliki emosi yang berlebih sehingga mereka mudah marah, tak terkontrol, gampang tersinggung dll. apabila anda merasa anda juga tergolong kedalamnya dan ingin sekali dapat mengontrol emosi anda, berikut caranya.
Cara Mengatasi Emosi yang tidak stabil
illustrasi emosi tak terkontrol
caracantiksehat.com - Yaps kita sendiri tahu bahwa datangnya emosi bukanlah hal direncanakan atau di ingini, dengan datangnya emosi yang tidak stabil kebanyakan berdampak pada suasana kurang nyaman, baik bagi anda maupun orang lain, sekedar contoh jika anda pergi kepesta undangan bersama kerabat anda, kemudian ada orang tidak sengaja menabrak anda dan tidak sengaja pula menumpahkan minuman, apabila anda memiliki emosi berlebih atau tidak stabil kemungkinan besar anda akan marah besar syukur-syukur tidak berkelahi didepan banyak orang.Beda ceritanya pada orang yang memiliki kondisi lebih stabil.

Penyebab Emosi Tidak Stabil

Banyak faktor penicu emosi yang kurang stabil diantaranya:

1.Stress
Stress merupakan penyebab paling umum seseorang tidak dapat mengontrol emosinya, biasanya stress dipicu oleh kehidupan sehari-hari yang dirasa sulit, baik karena masalah keluarga, ekonomi, pacar, lingkungan sekitar, dan masih banyak yang lainnya.

2.Kurang Istirahat
Mungkin banyak diantara kita kurang menyadari bahwa emosi yang tidak stabil dapat diakibatkan oleh kurangnya istirahat, rasa capek dan lelah yang dirasa dapat menyababkan orang tersebut akan mudah terbawa emosi.

3.Kesehatan Terganggu
Banyak yang berpendapat bahwa kondisi medis atau kesehatan  terganggu dapat meningkatkan amarah meningkat dengan cepat, untuk wanita biasanya pada saat datang bulan.

4.Obat-obatan
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa obat-obatan juga bisa memicu seseorang tidak bisa mengontrol emosi, terlebih anda mengkonsumsi obat-obatan berbahaya seperti narkoba dan sejenisnya.

5.Genetika
Meskipun tidak dapat dipastikan 100%, faktor keturunan juga dapat menjadi alasan kuat mengapa seseorang mudah berubah mood dan mudah marah.

Cara Mengatasi Emosi Yang Tidak Stabil

1.Tarik Nafas Dalam-Dalam
Mungkin bagi sebagian dari anda kurang percaya terhadap cara yang biasa saya lakukan yaitu menarik nafas dalam-dalam dan memikirkan sisi negatif yang akan terjadi jika emosi tidak stabil, cara ini saya rasa sangat efektif dan cepat dalam mengatasi kondisi mood yang tidak stabil.

2.Mengalihkan Fikiran
Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa emosi tak terkontrol seseorang dapat datang kapan saja dan dimana saja, meskipun begitu anda seharusnya anda usahakan  secepat mungkin  mengontrol emosi tersebut salah satunya yaitu mengalihkan pemikiran anda dari kondisi yang membuat anda marah.

3.Ingat Situasi
Kondisi tertentu terkadang membuat emosi tak terkontrol namun sebisa mungkin anda terlebih dahulu melihat atau mengingat situasi dimana anda berada sebab dengan membaranya kemarahan anda situasi akan tidak mengenakan bukan hanya anda tapi juga orang disekitar anda, apabila setidaknya mengingat situasi maka anda akan berusah sebisa mengkin mengontrol emosi anda.

4.Luapkan Emosi Anda
Apa bila anda dapat mengusai poin-poin sebelumnya dan dirasa emosi anda sudah mulai mereda, cobalah anda meluapkan emosi anda, namun bukan berarti maen hantam, luapkan dengan fikiran yang tetap terjaga dengan begitu sisa-sisa emosi yang masih menempel perlahan akan semakin menghilang juga menurunkan resiko balas dendam, ingat..!! harus dengan fikiran positif dan dalam kondisi yang mulai mereda.

5.Jaga Kesehatan
Ingatkah anda dengan pepatah tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat yaps, tubuh merupakan gabungan keterkaitan mental dan fisik jadi jika salah satunya mengalami masalah, satunya lagi akan terkena dampaknya, dengan menjaga kesehatan tubuh maka kesehatan jiwa juga dapat terjaga dengan baik, penuhi kebutuhan anda dengan mengkonsumsi gizi yang cukup.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi emosi yang tidak stabil anda dapat juga menjaga kesetabilan emosi atau mood anda dengan cara menghindari faktor penyebab emosi tidak stabil.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *