7 Cara Mudah Membuat Masker Temulawak Dijamin Kinclong

Cara Membuat Masker TemulawakTemulawak yaitu rempah-rempah yang paling banyak di termukan di Indonesia,padahal aslinya temukawak ini disebut dengan bahasa lain jahe jawa.Tanaman temulawak sudah di kategorikan hampir sama dengan jahe,dan berasalnya juga dari pulau.Maka dari itu jangan heran bila banyak orang menyebutnya jahe jawa,tetapi di dalam suku bahasa lain ada juga yang menyebutkannya sebagai koneng gede,dan temu labak.
Cara Membuat Masker Temulawak
wajah bersih dengan masker temulawak

caracantiksehat.com - Walaupun bentuk temulawak hampir sama dengan kunyit,tetapi rempah yang satu ini memiliki keunikannya tersendiri,yaitu aromanya yang khas,pasti kalian juga menyukai temulawak kan.Temulawak juga bisa tumbuh di berbagai negara eropa dan asia tenggara lainnya,contohnya jepang,india,korea,dan cina.Tanaman yang satu ini terkadang tumbuh di ketinggian 1500 meter.
Banyak orang memanfaatkan khasiat temulawak sebagai jamu atau ramuan tradisional jawa,karena di percaya dapat menyembuhkan berbagai masalah penyakit,contohnya dapat meningkatkan nafsu makan,mengatasi diare,mengatasi perut kembung,dan lain-lain.

Jamu berbahan dasar dari temulawak ini cukup familiar di telinga orang,karena aroma yang khas dan rasanya cukup manis.Semua jenis jamu sekarang ini pasti ada temulawaknya,jadi jangan heran lagi apabila kamu mememinum jamu lalu tubuh akan terasa lebih bugar,mungkin karena efek khasiat temulawak.Penelitian di bidang kedokteran pun sudah membuktikan bahwa manfaat temulawak sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh,terutama untuk menyebuhkan penyakit hati.

Senyawa atau zat yang terkandung di tanaman temulawak dapat menetralisir racun di hati kita,termasuk juga dalam masalah pencernaan.Nah apabila kamu kesulitan buang air besar,coba saja konsumsi temulawak pasti efeknya akan terasa sekali pada kesehatan tubuh.Di dalam temulawak terkandung zat "Curcuminoid" yang bermanfaat untuk mengatasi masalah persendian,menurunkan kadar gula darah,meningkatkan nafsu makan,dan masih banyak lagi manfaat lainnya.Jadi sekarang tidak perlu takut lagi mengkonsumsi temulawak.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Berikut ini yaitu manfaat temulawak untuk kesehatan kamu.

1. Mengatasi penyakit kanker
Siapa sih mau kena kanker ? Mayoritas semua orang pasti tidak mau terkena penyakit,karena pengobatan di bidang kedokteran sangatlah mahal.Apabila kamu ingin menyembuhkan atau mengatasi kanker dengan cepat,maka andalannya adalah tanaman temulawak.Ada bantak jenis kanker yang dapat di atasi dengan temulawak seperti kanker prostat kelamin,kanker usus,dan yang terakhir yakni kanker payudara.

2. Melancarkan pencernaan
Masalah pencernaan sangatlah bahaya bagi kesehatan tubuh,karena racun yang ada di dalam tubuh susah di buang melalui anus.kalau ini di biarkan terus-menerus kinerja tubuh kamu akan berkurang. Saran dari saya konsumsilah beberapa tanaman temulawak karena akan dapat melancarkan pencernaan kamu,selain itu juga perut kamu akan terasa hangat sesudah meminum seduhan jamunya. Apabila kamu termasuk orang yang tidak suka mengkonsumsi temulawak maka ada alternatifnta yaitu meminum suplemen temulawak.

3. Dapat mengatasi radang sendi

Mengalami masalah persendian ?berarti kamu harus mengkonsumsi temulawak,tanaman ini bisa di bilang cukup familiar di negara india,karena terkenal dapat mengatasi masal encok.Sekarang di indonesia mulai tersebar tanaman temulawak yang dapat mengobati encok.


4. Baik untuk ibu menyusui
Jika anda salah satu dari ini, baiklah anda mencoba jamu yang terbuat dari bahan temulawak yang sangat baik untuk ibu menyusui.Jamu yang sehat dengan kandungan-kandungan temulawak itu juga sangat baik untuk anda terutama para ibu yang sedang menyusui karena dapat meningkatkan produksi-produksi air susu (ASI).

5. Menambah berat badan
Pasti dari sekian banyak orangtua yang sangat bingung karena anak mereka memiliki berat badan yang di bawah rata-rata.Tidak hanya itu saja bisa juga terlalu kurus, yang lebih tepatnya tidak doyan makan. Mungkin anda bisa mencoba Temulawak ini sebagai salah satu solusinya. Jamu yang terbuat dari temulawak ini sangat bisa meningkatkan rasa nafsu makan pada anak-anak yang tidak doyan mengonsumsi makanan.

6. Bagi para wanita
Nah jamu temulawak ini tidak hanya digunakan untuk meningkatkan ASI saja, akan tetapi apakah anda tahu bahwa temulawak ini juga ternyata sangat berguna sekali untuk menghilangkan bau-bau aroma yang tidak sedap pada saat mengalami pendarahan menstruasi.


Cara Membuat Jamu Temulawak
Dan sekarang ini dia cara-cara untuk membuat jamu temulawak, langsung saja anda simak lagi.
Bagi anda yang tiba-tiba tertarik dan ingin mencobai jamu temulawak ini serta ingin merasakan manfaat temulawak bagi kesehatan.Berikut ini adalah cara-cara untuk membuat jamu temulawak sendiri ramuan dari bahan-bahan tradisional yang memiliki banyak vitamin dan manfaat :

Yang pertama yaitu, irislah temulawaknya tipis-tipis setelah selesai anda bisa menjemurnya di bawah sinar terik matahari selama dua hari dan setelah semuanya benar-benar kering.Selanjutnya, silahkan anda rebus irisan-irisan temulawak tersebut dengan air selama memakan waktu 10-15 menit.Setelah selesai, air rebusan itu sudah bisa anda minum langsung tanpa mencampur bahan-bahan lainnya.
Anda juga dapat mencampur air remusan temulawak dengan gula palem maupun daun pandan untuk menambah rasa dan aroma yang sedap.


Cara-cara lainnya untuk membuat jamu temulawak sebagai berikut :
  • Sediakan 2 liter air bersih
  • 50 gram jahe
  • 20 gram jintan
  • 200 gram gula palem
  • 4 lembar daun pandan
  • 200 ml air mineral 
  • 40 gram asam
  • 100 gram temulawak

Cara-cara pengolahan :

Yang pertama yaitu, iris temulawak secara tipis-tipis setelah itu lalu panggang. Selanjutnya, campurkanlah bahan-bahan temulawak dan jahe yang asam, 200 ml air mineral, dan jintan. Setelah itu bisa anda blender semua bahan-bahan tersebut.

Sediakan gula palem lalu rebuslah bersamaan dengan daun pandan dan 200 ml air mineral tadi.Sekarang, campurkanlah nomor dua dan rebusan nomor tiga, lalu saringlah. Dari resep ini anda bisa menghasilkan 6-8 gelas jamu temulawak.


Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan

Yang selanjutnya lagi manfaat dari temulawak untuk kecantikan khususnya kaum hawa.Temulawak ini tidak hanya bisa untuk kesehatan tubuh saja akan tetapi temulawak ini ternyata juga berguna dan bermanfaat untuk kecantikan khususnya kaum hawa.

Di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Sangat bisa melembutkan kulit dan menghaluskan pori-pori di kulit anda
  • Bisa digunakan untuk membantu mengelupas atau menggantikan sel-sel kulit mati yang sering lengket di kulit anda.
  • Bisa berguna juga untuk membantu mengobati masalah jerawat-jerawat di kulit wajah dan juga untuk melawan efek radikal bebas memutihkan kulit anda.
  • Jamu temulawak ini juga dapat pula digunakan dan dimanfaatkan dengan cara mengaplikasikannya secara topikal pada kulit tepatnya di permukaan kulitnya.
Tahukah anda sekian banyaknya produk-produk yang berupa krim temulawak yang sangat bisa anda temui di toko-toko kosmetik dan di pasaran.Akan tetapi saya punya solusinya untuk anda yang tidak ingin dan anti terhadap bahan-bahan kimia di krim temulawak tersebut.

Sekarang saya akan memberikan suatu cara-cara untuk membuat masker yang salah satu dari bahan-bahan mentahnya menggunakan temulawak yang juga terambil dari bahan alami yang di jamin 99% aman dan tidak bakal anda temukan di toko-toko kosmetik.Jadi oleh karena itu, anda tidak perlu terbawa rasa panik dan khawatir karena efek-efek samping yang berbahaya bagi kulit anda yang memiliki kulit sensitif maupun tidak cocok terhadap bahan-bahan produk kimia.


Cara Membuat Masker Temulawak


1. Untuk memutihkan dan membersihkan kulit

Yang perlu anda sediakan yakni :
  • beberapa tetes madu
  • sendok teh bubuk bahan temulawak
  • sendok makan tepung, yang dimaksud adalah tepung beras, tepung gandum, atau tepung beras. Misalkan kulit anda kering anda bisa menggunakan tepung gandum.
  • sendok makan susu dan beberapa tetes madu asli.
Cara-caranya bisa anda simak di bawah ini :

Yang pertama anda bisa mencampurkan semua bahan-bahan yang di atas tadi hingga sampai berbentuk pasta-pasta lembab. Setelah itu buatlah maskernya di permukaan kulit wajah anda secara tipis (jangan tebal-tebal).Lalu biarkanlah masker tersebut kering di permukaan dikulit wajah anda dalam waktu 30 menit.Selanjutnya, setelah selesai dalam waktu 30 menit anda bisa langsung membersihkan wajah anda dengan air bersih untuk menambah kebersihan kulit anda.Anda bisa mengosok secara perlahan-lahan untuk menghilangkan atau membuang bekas sisa-sisa masker tadi. Oh iya, saran saya anda juga bisa menggunakan moisturizer yang biasanya dipakai sesudahnya.

2. Untuk melembapkan wajah
Yang perlu anda sediakan lagi yaitu :
  • Ambil 1 sendok teh minyak zaitun
  • kuning telur dan sejemput bubuk dari bahan temulawak
  • Langsung saja bisa anda ikuti cara-cara dibawah ini :
  • Anda bisa mencampurkan bahan-bahan yang sudah anda baca barusan hingga sampai berbentuk seperti pasta.
Caranya pengaplikasiannya : 
Anda aplikasikan pada bagian wajah anda sebagai masker, dan biarkanlah ia mengering dalam memakan waktu 25 menit.Setelah sudah memakan waktu 25 menit, anda bisa langsung membersihkan wajah anda dengan air hangat untuk menetralkannya. Perlu anda ketahui bahwa kuning telur amatlah baik dan banyak mengandung vitamin-vitamin yang di butuhkan kulit wajah anda.Dan untuk jenis kulit yang kering, karena protein-protein yang terkandung di dalam kuning telur tersebut bisa sangat mempercepat proses perbaikkan dan pergantian sel-sel kulit mati serta vitamin B.

Oh iya, tahukah anda bahwa sebenarnya kandungan minyak zaitun sangat bisa membantu melembapkan kulit-kulit wajah anda dan mengunci (ikat) dengan pelembap alami yang bisa saja di miliki dan di kuasai kulit anda. Temulawak ini sendiri yang berkerja untuk mengatasi-mengatasi dan mencerahkan kulit wajah anda.

Apa mungkin saja masker ini akan membuat wajah anda menjadi terlihat kuning ?

tentu saja tidak, kan anda juga memakainya dan menggunakannya secara tipis-tipis di kulit wajah anda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menambah wawasan serta pembelajaran untuk kita semua. Share artikel ini ke sosial media dan ke teman-teman anda Terima Kasih.
Protected by Copyscape

Contact Form

Name

Email *

Message *